DPRD Medan Apresiasi Vaksinasi Pelajar SMP Capai 90 Persen

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): DPRD Kota Medan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota (Pemko) yang mengklaim vaksinasi pelajar tingkat SMP di Kota Medan telah mencapai 90 persen lebih. Selanjutnya diharapkan angka vaksinasi pelajar tersebut bisa terus bertambah.

“Kita apresiasi Pemko Medan yang sudah berhasil melakukan Vaksinasi kepada siswa SMP hingga 90 persen, ini capaian yang bagus, kita harapkan bisa terus bertambah dari 90 persen ini,” ucap Wakil Ketua DPRD Medan, Ihwan Ritonga (foto), Selasa (30/11).

Namun Ihwan mengingatkan, agar Pemko Medan dapat mempersiapkan diri dalam melakukan Vaksinasi Pelajar Tingkat SD, mengingat Pemerintah Pusat telah berencana untuk menggelar vaksinasi tingkat SD mulai Januari 2022 mendatanga.

“Sekarang yang kita harapkan, Pemko Medan dapat mempersiapkan diri untuk Vaksinasi Pelajar Tingkat SD. Dari informasi yang beredar Januari nanti kan sudah mulai itu divaksin siswa SD, tepatnya anak usia 6 sampai 11 tahun,” ujarnya.

Pasalnya, sebut Ihwan, Vaksinasi Pelajar Tingkat SD sangat penting dalam menjaga keselamatan anak usia 6 sampai 11 tahun atau siswa SD dari penyebaran Covid-19, mengingat saat ini seluruh siswa SD di Kota Medan telah diizinkan untuk mengikuti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di sekolah.

“Kalau PTMT Tingkat SMP, mereka relatif lebih aman karena mereka sudah divaksin. Kalau tingkat SD memang aman juga, karena prokesnya ketat dan sampai sekarang belum ada ditemukan klaster di sekolah. Tapi kalau misalnya siswa SD sudah divaksin, maka pasti akan lebih aman dan nyaman bagi orangtua dalam mengizinkan anaknya ikut PTMT,” katanya.

Alhamdulillah, sambung Ihwan, BPOM dan Pemerintah Pusat sudah memberikan lampu hijau untuk digelarnya Vaksinasi Covid-19 kepada anak usia 6 sampai 11 Tahun.

“Tinggal kita tunggu petunjuknya saja. Bila nanti sudah ada petunjuknya, kita harapkan Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan bisa segera menggelar Vaksinasi Pelajar SD ini,” pungkasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Bobby Nasution mengklaim bahwa vaksinasi pelajar di Kota Medan telah mencapai 90 persen lebih. Dengan jumlah ini, Kota Medan sudah mencapai target yang ditetapkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Dikatakan Bobby, vaksinasi di Kota Medan disuntikkan kepada seluruh lapisan masyarakat, termasuk kalangan pelajar. Untuk mencapai target cakupan vaksinasi pelajar, Pemko Medan telah menargetkan sebanyak 5.000 siswa untuk divaksin setiap harinya. Vaksinasi pelajar yang dilakukan Pemko Medan ini, khusus untuk tingkat SMP sederajat.

Sedangkan pelajar SMA sederajat, berada di bawah kewenangan Pemprov Sumatera Utara (Sumut), sehingga vaksinasi dilakukan oleh Pemprov Sumut. Namun demikian, Bobby Nasution siap membantu dan memfasilitasi vaksinasi pelajar SMA. (h01)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *