Waspada
Waspada » DPRD Imbau Penyelenggara Ciptakan Pilkada Kondusif
Medan

DPRD Imbau Penyelenggara Ciptakan Pilkada Kondusif

PILKADA damai. DPRD Sumut imbau penyelenggara ciptakan Pilkada damai dan kondusif. Ilustrasi
PILKADA damai. DPRD Sumut imbau penyelenggara ciptakan Pilkada damai dan kondusif. Ilustrasi

MEDAN (Waspada): DPRD Sumut imbau semua penyelenggara di kabupaten/kota untuk ciptakan pemilihan kepala daerah (pilkada) agar berjalan lancar dan kondusif.

Imbauan ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani kepada sejumlah wartawan, Minggu (6/9) di Sergai, sekaitan dengan kisruh proses pendaftaran bakal calon kepala daerah di sana.

Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani kunjungi Sergai bersama Ketua Komisi A Hendro Susanto. Hadir anggota Subandi guna melakukan fungsi monitoring dan pengawasan.

Para anggota dewan berkunjung kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sergai, Sei Rampah.

Kunjungan ini bersamaan dengan ramainya pemberitaan terkait kisruh antara dua bakal calon bupati/wakil bupati Soekirman/Tengku Ryan Novandi dan Darma Wijaya/Adlin Tambunan.

KPUD setempat mengembalikan berkas pendaftaran paslon Soekirman/Tengku Ryan Novandi, Jumat (4/9) malam, sehingga simpatisan pasangan kecewa.

Padahal Soekirman sudah melakukan pendaftaran sejak Jumat (4/9) pukul 14.00 WIB, dengan membawa berkas dukungan dalam bentuk form B.1-KWK dari tiga partai.

Yakni PKS, Nasdem dan PAN, dengan total jumlah 12 kursi: PKS 2 kursi, Nasdem 6 kursi dan PAN 4 kursi.

Namun pihak KPU tidak juga menyatakan menerima atau menolak berkas tersebut.

Alasannya, setelah pemeriksaan berkas, PAN sudah mendukung salahsatu paslon sebelumnya, yakni Darma Wijaya dan Adlin Tambunan.

Kedua paslon sudah menyampaikan isian pencalonan mereka melalui sistem informasi pencalonan (silon).

Merespon ini, Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah SIbarani menjelaskan, kedatangannya ke KPUD Sergai tidak menunjukkan keberpihakan.

“Kami tidak berpihak ke mana pun, kami minta KPUD Serdai berjalan sesuai kebenaran,” ujar Sibarani.

Sejauh ini, lanjut politisi NasDem ini, KPUD Sergai berjalan sesuai regulasi yang ada.

Proses Hukum

Terhadap paslon yang ingin mendapatkan keadilan, Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani meminta agar menggunakan menggunakan proses hukum yang ada.

“Ikuti jalur hukum karena banyak jalan lain dan kalau ada kesempatan mau menggugat, silakan melalui jalur hukum,” ungkapnya.

Katanya, demi mencegah simpang siur, partai tertentu segera berkordinasi pada tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat Jakarta.

“Merekalah yang mengetahui mengapa sistem informasi pencalonan (silon) itu tidak berganti pada jam tertentu, apakah sesuai seperti partai sampaikan. Kita tidak tau atau atau sistim KPU yang bermasalah, juga kita tidak tau,” katanya.

“Bisa saja KPU mengatakan mereka bermasalah, kita tidak tau, kita tidak boleh menduga-duga. Tentu KPU Serdang Bedagai menunggu apa disampaikan KPU RI,” ujar Rahmansyah.

Intinya, kata Rahmansyah, DPRD Sumut imbau kepada pihak penyelenggara untuk ciptakan Pilkada tetap berjalan lancar dan kondusif.

“Kami mau Serdang Bedagai nyaman dan apresiasi kepada Polri yang telah bekerja mengamankan pendaftaran bacalon,” pungkasnya. (cpb)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2