DPRD Imbau Bupati/Walikota Edukasi Masyarakat Cegah Corona

  • Bagikan
ANGGOTA DPRD Sumut Hendra Cipta. Edukasi corona harus libatan elemen masyarakat. Waspada/Ist
ANGGOTA DPRD Sumut Hendra Cipta. Edukasi corona harus libatan elemen masyarakat. Waspada/Ist

Medan (Waspada): DPRD imbau kepada bupati/walikota serta jajarannya di Sumut untuk terus menerus edukasi masyarakat guna cegah penularan virus corona.

“Selain waspada dengan wabah ini, DPRD imbau Bupati/Walikota edukasi masyarakat agar menghindari aksi yang tidak perlu, seperti memborong masker dll,” kata Wakil Ketua Komisi E DPRD Sumut, Hendra Cipta kepada Waspada, Senin (9/3).

Menurut politisi PAN ini, langkah edukasi tersebut menjadi sangat penting, mengingat kasus corona telah menjangkit lebih 6 orang di Indonesia.

Imbauan ini juga menyertai upaya Gubsu yang sudah melakukan pencegahan, dengan menyiapkan 15 ruangan di rumah sakit untuk keperluan isolasi.

Kemudian membentuk tim khusus untuk mengantisipasi penyebaran virus pneumonia coronavirus (nCoV).

Tim yang diketuai Kepada Dinas Kesehatan Sumut ini melibatkan semua OPD terkait, termasuk Rumah Sakit Adam Malik, Rumah Sakit USU, dan Rumah Sakit Umum Deliserdang.

Kemudian Rumah Sakit Bhayangkara Medan, Rumah Sakit AU Soewondo, Diskes Lantamal I, PT Angkasapura II, Kantor Kesehatan Pelabuhan Medan (KKP).

Kemudian, Pelindo Belawan, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKLPP) Kelas I Medan, Dinas Kesehatan Medan dan Kanwil Kemenkumham Sumut divisi Keimigrasian.

Hendra mengapresiasi langkah cepat Gubsu dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, yang juga sudah mengimbau masyarakat untuk hati-hati dan jangan sampai ceroboh.

Masyarakat diminta tidak boleh menjadi stres dan gundah berlebihan.

Sebagai tindak lanjut upaya yang sudah dilakukan Gubsu, DPRD Sumut mengatakan, Pemprovsu harus membuat Standar Operasional Prosedur (SOP), yang berisikan julkak/juknis antisipasi dan pencegahan wabah itu.

Terutama di pintu masuk Sumatera Utara, baik di terminal kedatangan bandara maupun pelabuhan laut, agar disikapi dan dipedomani secara patut.

Ini perlu dilakukan mengingat Sumut, memiliki jumlah penduduknya besar, ditambah lagi dengan mobilitas ekonomi serta arus barang dan manusia yang sangat tinggi.

“Selain perlu waspadai dan mencegah sejak dini berkembangnya virus corona di tengah masyarakat, kita harus waspada dari berbagai kemungkinan yang ada, dengan mendeteksinya sejak dini,” katanya.

Pola Hidup Sehat

Untuk mendapatkan progres terbaru, Komisi E DPRD Sumut akan mengundang beberapa rumah sakit di Sumut, yang telah dihunjuk oleh Gubsu sebagai rumah sakit yang menangani virus corona.

“Kita ingin mendapatkan update sejauh mana kesiapan rumah sakit tersebut,” katanya.

Di sisi lain, Pempropsu juga harus mengajak banyak pihak untuk bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat Sumut untuk menjaga pola hidup sehat.

Masyarakat perlu diimbau menjaga kondisi kesehatan fisik, khususnya daya tahan tubuh, rajin mencuci tangan dan selalu menjaga kebersihan.

“Kita berharap edukasi ini nantinya masyarakat bisa memahami penyakit corona, sehingga mereka bisa menghindari aksi-aksi yang tidak perlu, seperti memborong masker dan lain sebagainya,” pungkas Hendra. (cpb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *