Waspada
Waspada » DPR RI Imbau Kepala Daerah Liburkan Sekolah
Medan

DPR RI Imbau Kepala Daerah Liburkan Sekolah

ANGGOTA Komisi X DPR RI, Prof Djohar Arifin Husin. DPR RI imbau kepada kepala daerah liburkan sekolah dasar hingga perguruan tinggi guna mengantisipasi merebaknya virus penyakit corona. Waspada/Ist
ANGGOTA Komisi X DPR RI, Prof Djohar Arifin Husin. DPR RI imbau kepada kepala daerah liburkan sekolah dasar hingga perguruan tinggi guna mengantisipasi merebaknya virus penyakit corona. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): DPR RI imbau kepada kepala daerah di Sumut liburkan sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Ini dilakukan   guna mengantisipasi merebaknya virus penyakit corona.

“DPR RI imbau kepada kepala daerah liburkan sekolah sebagai langkah waspada dan pencegahan,” kata anggota anggota Komisi X DPR RI, Prof Djohar Arifin Husin (foto) kepada Waspada, Sabtu (14/3).

Pertimbangan ini, lanjut Djohar, disampaikan mengingat semakin bertambahnya jumlah orang yang terpapar virus bersandi Covid 19 itu di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Untuk itu, perlu dikordinasikan dengan kepala daerah-mulai dari bupati, walikota, camat hingga kelurahan – dan instansi terkait lainnya untuk mewaspadai sekaligus melakukan pencegahannya.

“Kepala daerah dan instansi terkait perlu melakukan hal ini,” tukasnya.

Substansinya, pemerintah setempat bersama semua elemen masyarakat saling bekerjasama, berkoordinasi  dalam mengantisipasi serta memberikan edukasi penuh kepada masyarakat.

“Ini jangan dianggap sepele lagi, “imbuh politisi Partai Gerindra dapil Sumut ini.

Menyinggung tentang liburan terhadap sekolah dasar hingga perguruan tinggi, lanjut, dapat diatur berdasarkan kesepakatan.

“Yang SD, ya libur tidak masuk sekolah dan tidak belajar,” katanya.

Berbeda dengan perguruan tinggi, proses ajar mengajar perkuliahan dapat dilakukan dengan memberikan tugas kepada mahasiswanya melalui komunikasi teknologi IT.

Ini dimaksudkan guna  mengurangi dan membatasi pertemuan phisik langsung dan juga berbagai keramaian seperti mal dan lainnya.

Sekaitan merebaknya virus ini, World Health Organization (WHO) telah meminta pemerintah Indonesia untuk ikut berpartisipasi mengantisipasi wabah ini bersama.

Pemerintah menyatakan sedikitnya delapan daerah di Indonesia telah terjangkit virus corona, mulai dari Jakarta hingga Manado Sulawesi Utara.

Izin

Terpisah, politisi anggota DPRD Sumut Hendra Cipta ikut menyikapi hal ini.

Politisi Partai Gerindra ini mengatakan, sebaiknya kepala daerah memberi izin kepada sekolah-sekolah yang ingin meliburkan sekolahnya guna mencegah penyebaran virus corona.

Tetapi, ini bukan  instruksi kepala daerah, cukup sepenuhnya diserahkan kepada otoritas sekolah untuk meliburkan atau tidak.

Karena,  yang mengetahui kondisi di sekolahnya masing-masing adalah mereka.

Namun, lanjut wakil ketua komisi E ini, tetap harus bekoordinasi dengan kepala dinas pendidikan setempat. (clin)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2