Waspada
Waspada » DPP IKA SMP Negeri 12/14 Medan Peringati Israk Mikraj
Medan

DPP IKA SMP Negeri 12/14 Medan Peringati Israk Mikraj

 

MEDAN (Waspada): Ustadz Dr H Azhar Sitompul MA mengingatkan, selama bulan suci Ramadhan 1442 H, orang-orang beriman wajib melaksanakan puasa. Selama berpuasa, ada lima pekerjaan yang tidak boleh dikerjakan karena akan menyebabkan batalnya ibadah puasa.

“Puasa merupakan ibadah yang paling berat. Melawan hawa nafsu. Ada lima yang tidak boleh dikerjakan selama melaksanakan ibadah puasa,” ujar Ustadz Dr H Azhar Sitompul MA saat menyampaikan ceramahnya pada peringatan Israk Mikraj Nabi Besar Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh pengurus DPP Ikatan Alumni SMP Negeri 12/14 Medan di Jl. Karantina no 7/14 Glugur Darat I Medan, Minggu (28/3).

Ustadz Azhar Sitompul menambahkan, kelima pekerjaan yang tidak boleh dikerjakan selama melaksanakan ibadah puasa yakni tidak boleh berbohong, qhibah (menceritakan yang tak benar) sumpah palsu, anamimah (mengada-ada) dan memandang dengan pandangan syahwat.

“Melaksanakan ibadah puasa lebih berat daripada melaksanakan ibadaj haji. Sejak matahari terbit hingga terbenamnya fajar tidak boleh mengerjakan kelima larangan tersebut karena yang dimaksud puasa sesungguhnya yakni mempuasakan mulut mata dan pikiran,” papar Azhar Sitompul.

Dalam kesempatan itu, Ustadz Azhar Sitompul mengajak semua jamaah dari lintas alumni SMPN 12/14 Medan dalam melaksanakan aktivitas kehidupan sehari-hari senantiasa berusaha dan berdoa agar tercapai apa yang diharapkan.

“Selain melaksanakan protokol kesehatan dan senantiasa memakai masker agar terhindar dari pandemi Covid-19, seluruh jamaah senantiasa berdoa dan berusaha agar bisa tercapai apa yang diharapkan selama ini,” sebut Ustadz Azhar Sitompul seraya menambahkan bahwa memakai masker merupakan perpaduan antara akal dan iman serta senantiasa mengingat Allah SWT agar kita terhindari dari segala kemungkaran.

BAZAR MINI

Sebelumnya, Ketua Panitia Israk Mikraj Nabi Besar Muhammad SAW 1442 H, Haji Buchari melaporkan bahwa kegiatan tersebut merupakan perayaan Israk Mikraj dilaksanakan setiap tahunnya oleh  Bidang Keagamaan, Sosial dan Kemasyarakatan (KSK).

“Untuk tahun ini, selain mendengar tausiyah dari penceramah juga ada bazaar mini yang dilaksanakan oleh lintas alumni,” jelas H Buchari.

Peringatan Israk Mikraj 1442 H tersebut diawali dengan pembacaan kitab suci Al Quran oleh Indra dan dihadiri oleh sejumlah alumni dari berbagai angkatan dan pengurus DPP IKA SMP Negeri 12/14 Medan seperti Ketua Harian DPP IKA SMP Negeri 12/14 Medan Abdul Wahid, Sekretaris Umum Dwikora dan ketua-ketua bidang lainnya.

Peringatan Israk Mikraj tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan dan para alumni yang hadir memakai masker dan cuci tangan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.(m27)

 

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2