Dosen Unimed Tingkakan Produktivitas Kelompok Usaha Arang Lewat Furnace

Dosen Unimed Tingkakan Produktivitas Kelompok Usaha Arang Lewat Furnace

  • Bagikan
TIM PKM Unimed bersama para pelaku usaha arang di Desa Pematang Biara, Deliserdang. Waspada/ist
TIM PKM Unimed bersama para pelaku usaha arang di Desa Pematang Biara, Deliserdang. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) melalui tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melakukan pendampingan terhadap kelompok usaha arang tempurung kelapa yang berda di Desa Pematang Biara, Deliserdang.

Tim PKM diketuai Sapitri Januariyansah, SPd, MPd, dengan anggota Liana Atika, SPd, MPd, beserta lima orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin (PTM) Unimed.

Kegitan ini dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan. Sebanyak 20 orang hadir dalam kegiatan yang merupakan peserta dan pelaksana kegiatan.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mitra pada proses produksi arang tempurung kelapa dengan teknologi sedanya menggunakan rung bakar berbahan dasar batu bata, kayu, dan terpal.

Berdasarkan kondisi ini, LPPM Unimed melalui tim dosen pelaksana memberikan batuan alat furnace dengan sistem kondensasi. Ketua PKM Unimed Sapitri Januariyansah menuturkan jegiatan ini merupakan komitmen Unimed melalui LPPM untuk membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat melalui implementasi hasil kajian keilmuan yang

dilakukan di perguruan tinggi.

Kegiatan ini disambut baik Aidil Lubis ketua kelompok usaha arang tempurung kelapa. Ia menuturkan kegiatan inisangat membantu kami dalam menyelesaikan permasalahan mereka .

Dalam kegiatan itu, tim PKM Unimed memberikan pelatihan bagi pelaku usaha arang tentang tata cara penggunaan dan perawatan furnace. Kemudian, tim pelaksana dan peserta kegiatan langsung mengperasikan furnace untuk membuat arang.

Sapitri Januariyansah berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap mitra, terutama dalam peningkatan produktivitas dan peningkatan kualitas, serta penikatan kemampuan pembukuan. “Hasil khirnya, mitra diharapkan dapat meningkatkan daya saing dengan memperluas pangsa pasar secara nasional maupun regional,” katanya. (m19)

  • Bagikan