Waspada
Waspada » Dosen Unimed Kenalkan Pembelajaran Berbasis Blog
Medan

Dosen Unimed Kenalkan Pembelajaran Berbasis Blog

TIM Dosen Unimed saat melakukan pendampingan di SMA 21 Medan. Dosen Unimed itu kenalkan pembelajaran berbasis blog. Waspada/ist
TIM Dosen Unimed saat melakukan pendampingan di SMA 21 Medan. Dosen Unimed itu kenalkan pembelajaran berbasis blog. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) melakukan pengabdian pendampingan dengan kenalkan pembelajaran berbasis blog.

Dosen Unimed kenalkan pembelajaran berbasis blog bagi guru SMA Negeri 21 Medan, Selasa, (6/10).

Pengabdian masyarakat ini dipimpin Tansa Trisna Astono Putri, S Kom, M TI.  Ia dibantu Dr Hesti Fibriasari, S Pd, M Hum, Nurilam Harianja, SPd, M Hum, dan Dr Tengku Ratna Soraya, M Pd.

Tansa Trisna Astono Putri mengatakan, kegiatan ini bertujuan bertujuan mengembangkan potensi guru dalam mengembangkan media pembelajaran berupa blog pembelajaran berisikan materi pembelajaran berupa gambar, video maupun deskripsi teori.

Selain itu blog pembelajaran juga terdiri dari Kompetensi Dasar (KD), Kompeteni Instruksional (KI), Tujuan materi pembelajaran, latihan, sampai pada sumber yang digunakan untuk pembelajaran tersebut.

Pendampingan ini mengenalkan bentuk blog, cara memasukan materi kedalam blog pembelajaran yang berasal dari file berbentuk words, youtube maupun gambar.

Pendampingan ini juga dilakukan untuk memanfaatkan media jejaring sosial sebagai sumber belajar.

Hal ini dilakukan untuk menyahuti pendidikan era 4.0 yang menggambarkan berbagai cara untuk mengunakan cyber dalam pembelajaran.

Pembelajaran yang dilaksankanan secara daring dan luring untuk memberikan motivasi guru dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan menggunaan media pembelajaran.

Peran Penting

Di masa pandemi, pendampingan pembuatan blog mempunyai peran yang penting dalam pengajaran.

Karena dengan adanya media pembelajaran tersebut guru memiliki alternatif untuk melakukan proses pembelajaran yang dilaksanakan secara daring saat ini.

Dengan demikian, fasilitas-fasilitas tersebut mendukung semua guru untuk dapat membuat media pembelajaran.
Simulasi berbagai cara berkomunikasi dapat dilakukan oleh semua guru untuk dilakukan pendampingan membuatan blog media pembelajaran.

Target luaran kegiatan pengabdian di antaranya: Video pembelajaran yang berdurasi (1-2 menit).

Adapun 7 media pembelajaran berupa blogpembelajaranbahasaprancis.wordpress.com, blogbelajarmatematika.wordpress.com, blogpembelajaranbiologi.wordpress.com, blogpembelajaransenibudaya.wordpress.com, blogpembelajaransosiologi.wordpress.com, blogpembelajaranolahraga.wordpress.comblogpembelajaransejarah.wordpress.com.

Kepala sekolah SMU Negeri 21 Medan Sunariyo, S Pd, M.Si berterima kasih kepada Unimed.”Kegiatan LPPM ini menambah wawasan guru dalam peningkatan penerapan IT,” katanya. (m19)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2