Dosen Polmed Latih Guru Madrasah Lewat Metode Online-Based Learning Assesment

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Wabah Covid-19 yang melanda Indonesia telah memaksa pembelajaran dialihkan dengan menggunakan metode daring atau online.

Dalam pembelajaran, evaluasi menjadi salah satu langkah untuk menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan secara gratis untuk membantu guru dalam membuat kuis dan survei online adalah Google Form dan Quizziz. Keduanya dapat menjadi alternative bagi guru untuk memberikan evaluasi pembelajaran bagi siswa.

Hal itu disampaikan sejumlah narasumber dari Politeknik Negeri Medan (Polmed) yaitu Aprilza Aswani, M.A., Gabriel Ardi Hutagalung, M.Kom., dan Winda Syafitri, M.Pd. dalam pelatihan menggunakan online-based learning assessment pada guru MIS Al Jamiatul Ikhlas kecamatan Datuk Bandar kota Tanjungbalai pada tanggal 20 November 2021.

Kegiatan ini merupakan bagian dari tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan ini menghadirkan guru-guru ini dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Turut hadir dalam kegiatan kepala MIS, Nuryani Lubis, S.Pd., dan seluruh guru yang ada. Dalam sambutannya, Nuryani Lubis menyampaikan ucapan terima kasih atas keperdulian Politeknik Negeri Medan terhadap peningkatan mutu guru dan hasil pembelajaran di sekolah yang ia pimpin.

“Terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu dosen Polmed yang bersedia melatih kami jauh-jauh dari Medan. Tentunya, hal ini merupakan sebuah niat baik yang tidak akan kami lupakan dan semoga kegiatan ini dapat membawa hasil yang positif bagi guru dan siswa yang ada di sekolah ini”, ucapnya.

Ketiga narasumber secara bergantian menjelaskan dan mempraktekkan menggunakan google form dan quizziz. “Jadi ibu-ibu guru gak capek lagi ya mengkoreksi nilai quiz atau tugasnya karena sudah secara otomatis bisa muncul nilainya di google form ya”, ungkap Aprilza. Setelah selesai pemaparan, acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan praktek langsung yang dipandu oleh Gabriel dan Winda. Antusiasme guru juga terlihat dengan seriusnya berlatih menggunakan google form dan quizziz. “Wah, gampang ya ternyata kalau pakai Google form ini, kerjaan kita jadi lebih praktis”, ungkap Meli yang merupakan guru muda yang sangat aktif dalam pelatihan. (m19)

Waspada/Ist
Dosen Polmed saat melatih guru MIS Al Jamiatul Ikhlas kecamatan Datuk Bandar lewat Metode Online-Based Learning Assesment.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *