Dosen FT Unimed Kembangkan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web

Dosen FT Unimed Kembangkan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web

  • Bagikan

MEDAN (Waspada); Tim Dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Medan (Unimed) melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan menerapkan teknologi informasi di SMP Kemala Bhayangkari Medan.

Ketua Tim PKM Tansa Trisna Astono Putri, S.Kom., M.T.I., Selasa (19/10), kepada wartawan menyebutkan, perpustakaan pada SMP Kemala Bhayangkari selama ini masih belum menggunakan sistem perpustakaan berbasis web.

Kegiatan kami dimulai dengan survey keadaan perpustakaan terlebih dahulu, lalu kami melakukan pembuatan website sistem informasi perpustakaan dan kemudian melakukan pendampingan penggunaan sistem kepada pustakawan SMP Kemala Bhayangkari selaku mitra kegiatan PKM ini.

Tim melakukan praktik cara pengoperasian, proses input dan output buku, pendaftaran siswa dan guru serta beberapa pelatihan teknis lainnya.

Revolusi Industri 5.0 menuntut pola pikir masyarakat yang semakin maju, terutama di kalangan para pelajar menyebabkan berkembangnya pemanfaatan teknologi di segala bidang kehidupan, termasuk lembaga pendidikan.

Katanya, dengan adanya teknologi informasi dalam dunia pendidikan diharapkan dapat membantu lembaga pendidikan untuk beroperasi lebih efektif, terutama dalam pemanfaatan teknologi informasi di lembaga pendidikan pada bidang layanan perpustakaan. Setiap sekolah memiliki perpustakaan untuk menyimpan buku pelajaran.

Perpustakaan merupakan tempat diselenggarakannya kegiatan pengumpulan, pengelolaan, dan penyebaran (pelayanan) segala jenis informasi, baik dalam bentuk cetak maupun di berbagai media seperti buku, majalah, surat kabar, film, dan video. Siswa dan guru dapat mengakses buku pelajaran perpustakaan dengan mudah dan gratis.

Fungsi-fungsi seperti fungsi pendidikan, fungsi informasi, fungsi tanggung jawab administratif, fungsi penelitian dan fungsi rekreasi ditugaskan ke perpustakaan sekolah, yang dapat membuat siswa senang membaca.

Pemanfaatan perpustakaan sekolah juga harus didukung oleh kualitas pengelola perpustakaan, terutama karakter.

Oleh karena itu, pemerataan pemanfaatan teknologi di perpustakaan perlu ditingkatkan, hal ini dapat dimulai dengan mengembangkan perangkat lunak untuk layanan perpustakaan di beberapa sekolah.

Koleksi Buku

Perpustakaan SMP Kemala Bhayangkari sudah memiliki banyak koleksi buku seperti buku pelajaran, fiksi, dan non fiksi.

Namun terdapat kondisi dimana terbatasnya jumlah pustakawan yang tersedia. Beberapa proses yang belum terintegrasi dengan baik adalah layanan pinjaman, data buku, data pengguna, pendaftaran dan pengambilan pengunjung, katalog buku.

Proses ini tidak terintegrasi dengan baik karena proses ini dilakukan secara manual. Pustakawan harus memeriksa ketersediaan buku di rak satu per satu.

Selain itu, layanan pinjaman, katalogisasi buku, pendaftaran pengunjung dan data pengguna dicatat dalam sebuah buku. Akibatnya, laporan tahunan sulit untuk direkap, dan pustakawan membutuhkan waktu lebih lama untuk menemukan tanggal tertentu.

Cara-cara tersebut dinilai kurang efektif dari segi waktu dan konsumsi tenaga. Di sisi lain, siswa harus menunggu beberapa saat untuk meminjam dan mengembalikan buku.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diusulkan sistem layanan perpustakaan berbasis website untuk membuat layanan perpustakaan lebih efektif.

Sistem ini menyediakan generator barcode otomatis untuk membuat katalog dan memproses buku, layanan pinjaman digital, manajemen data digital, dan laporan digital otomatis.

Menurut mitra kegiatan ini, kata Tansa, mereka sangat terbantu dikarenakan sistem informasi baru ini mampu menghemat waktu pekerjaan dan membantu beban kerja para pustakawan.

Selain itu para siswa dan guru akan lebih mudah melihat stok buku yang ada pada perpustakaan dari ponsel masing-masing.

Tim Dosen Fakultas Teknik Unimed dalam PKM itu diketuai Tansa Trisna Astono Putri, S.Kom., M.T.I., dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknologi Informatika dan Komputer (PTIK) Unimed bersama sejumlah anggota Dr. Hesti Fibriasari, S.Pd., M.Hum., Ressy Dwitias Sari, S.T., M.T.I., Ir. M. Dominique Mendoza, S.E., M.M., Dr. Amirhud Dalimunthe, S.T., M.Kom.(m19)


Waspada/ist
Tim PKM FT Unimed diabadikan bersama guru SMP Kemala Bhayangkari Medan.

  • Bagikan