Dosen FISIP USU Laksanakan Pengabdian Masyarakat

  • Bagikan
TIM pengabdian Dosen FISIP USU, Dr Harmona Daulay, MSi pada acara “Sosialisasi, Penyadaran dan Internalisasi Kesetaraan dan Keadilan Gender pada Keluarga Difabel Tunanetra di Lingkungan Pertuni Sumatera Utara”. Waspada/ist
MEDAN (Waspada): Dosen FISIP USU melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Kota Datar, Kabupaten Deliserdang.

MEDAN (Waspada): Dosen FISIP USU melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Kota Datar, Kabupaten Deliserdang.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat Drs. Ridwan Rangkuti, MA dan anggota tim Zoraya Alfathin Rangkuti, S.Sos, M.PA, Minggu(29/8).

Kata dia, kegiatan ini mengambil fokus tentang Penguatan Kapasitas Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) di Desa Kota Datar, Kabupaten Deliserdang.

Tema kegiatan ini dilatar belakangi dari kerisauan para petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Namora terkait dengan masalah kekeringan yang kerap kali terjadi yang mauranya pada gagalnya panen.
Menurutnya, dalam kegiatan pengabdian ini, tim pelaksana melakukan kerjasama sebagai bentuk dari kolaborasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Saat kegiatan berlangsung pada 5 Agustus lalu, hadir pula Kepala Desa Kota Datar, Mazni, Ketua Gapoktan Namora, dan Zulham Apandy Harahap, S.Kel., M.Si selaku dosen Managemen Sumberdaya Perairan Fakultas Pertanian USU,”ujarnya.

Dia juga menyampaikan, masalah kekeringan di persawahan masyarakat di Desa Kota Datar ini kemudian disambut baik oleh tim pelaksana pengabdian untuk dijadikan sebagai tema dalam merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai bentuk dari rasa tanggungjawab pada permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Fungsi Air

Dalam paparannya, Zulham Apandy Harahap, S.Kel., M.Si menyampaikan materi tentang Air dan Hidrologi Sawah.
Materi ini berisi tentang bagaimana fungsi air tanaman padi, cara peningkatan kapasitas air melalui irigasi saluran air dan sawan rawa. Salah satu kunci dari peningkatan hasil sawah tidak bisa dilepaskan dari pengelolaan air, karena perannya sangat penting.

Lebih lanjut, Drs. Ridwan Rangkuti selaku ketua tim pelaksana mengingatkan bahwa pengetahuan tingkat pemahaman SDM yang tergabung dalam Gapoktan Namora di Desa Kota Datar perlu kegiatan keberlanjutan. Sebab, jika pengetahuan SDMnya meningkat pemanfatan dalam konteks penggunaan air pun akan semakin baik.

Kepala Desa Kota Datar M. Mazni menambahkan bahwa masyarakat di Desa Kota Datar mengapresiasi kehadiran tim dari USU dalam kegiatan pengabdian ini, ia berharap kegiatan-kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut di Desa Kota Datar.

Sebagai realisasi kegiatan, tim pelaksana pengabdian masyarakat USU terkait dengan Penguatan kapasitas perkumpulan petani pemakai air (P3A) di Desa Kota Datar memberikan Modul/ Panduan tentang penggunaan dan pemanfaatan air pada sawah kepada Gapoktan Namora di Desa Kota Datar. (m22/A)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *