Dosen FIB Edukasi Remaja Masjid Cerdas Sikapi Berita Bohong

Dosen FIB Edukasi Remaja Masjid Cerdas Sikapi Berita Bohong

  • Bagikan
TIM Pangabdian Dosen FIB USU bersama anggota BKPRMI Kec. Nibung Hangus, Batubara. Waspada/Ist
TIM Pangabdian Dosen FIB USU bersama anggota BKPRMI Kec. Nibung Hangus, Batubara. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): DOSEN Fakultas Ilmu Budaya  (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan pengabdian kepada masyarakat di Kecamatan Nibung Hangus, Kab.Batubara.

“Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kesalehan sosial anggota anggota Badan Komunikasi Remaja Masjid Indonesia, di wilayah itu.”

Demikian dikemukakan Ketua pengabdian Rahamdsyah Rangkuti, MA, Ph.D. didampingi Dr. Zulfan, SS, M.Hum (anggota pelaksana), Minggu (29/8) di Medan.

Dia mengatakan, pandemi Covid-19 telah menimbulkan kepanikan sosial di tengah masyarakat. Kepanikan sosial dapat terjadi jika proses pemaknaan suatu kejadian atau fenomena cenderung mengarah kepada hal-hal negatif.

“Biasanya dapat dilakukan dengan melakukan penebaran berita bohong dan tindak ujaran kebencian. Penebaran berita bohong tentang Covid-19 akhir-akhir ini kian marak dan menjadi sorotan dari berbagai kalangan,” uangkapnya.

Hal ini, sambungnya disebabkan oleh keniscayaan bahwa Indonesia adalah sebuah negara demokratis yang sedang berkembang.

Apalagi negara ini merupakan negara yang pendudukanya adalah masyarakat yang multikultural, dan sangat rentan terhadap ancaman terjadinya konflik sosial yang disebabkan oleh tindak penebaran berita bohong dan tindak ujaran kebencian.

Menurut Rahamdsyah Rangkuti, MA, Ph.D. peningkatan kesalehan sosial tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan strategi kesantunan berbahasa qurani dalam setiap tulisan maupun tuturan.

Kesantunan Berbahasa

Oleh sebab itu, secara khusus kegiatan pengabdian ini ditargetkan dapat berkontribusi terhadap pengetahuan dan pemahaman mitra tentang kesadaran kesantunan berbahasa secara islami dan qurani untuk mencegah terjadinya kepanikan sosial sebagai dampak dari pandemi Covid-19 sekaligus meningkatkan kesalehan sosial  anggota BKPRMI, Kecamatan Nibung Hangus, Kabupaten Batu Bara.

Kegiatan pengabdian dilaksanakan di Balai Desa Mekar Laras, Kec. Nibung Hangus, Batubara. Hadir  Kepala Desa Mekar Laras , Ridwan Siagian, Sekretaris Umum DPK BKPRMI Kec. Nibung Hangus: M. Andi Swandana, dan Pengurus dan anggota DPK BKPRMI Kec. Nibung Hangus.

Kepala Desa Mekar Laras Ridwan Siagan menyampaikan ucapan terima kasih karena Tim Pengabdian USU telah memilih DPK BKPRMI Nibung Hangus menjadi mitra pengabdian. “Kami  senang menjadi tuan rumah bagi pelaksanaan pengabdian ini. Kegiatan ini diharapkannya dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan generasi muda di tengah pandemi,” katanya.

Hal senada  diutarakan  Sekum DPK BKPRMI Kec. Nibung Hangus. Ia  nang karena dapat bermitra dengan tim pengabdian USU. Ia berharap jalinan kolaborasi ini tetap terjaga dan berkelanjutan. (m19)

  • Bagikan