DKP Sumut Beri 240 Unit Alat Tangkap Ikan Untuk Nelayan

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Membantu masyarakat nelayan dalam meningkatkan hasil tangkapan ikan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumatera Utara (Sumut) memberi 240 unit alat tangkap jaring mata 100 untuk enam kelompok nelayan, Jumat (19/11) di Kantor UPTD PPI Nelayan Indah Kota Medan, Jl Chaidir Ujung Kel Nelayan Indah Kec Medan Labuhan Kota Medan.

Kelompok nelayan yang mendapatkan bantuan alat tangkap ikan tersebut yakni KUB Karya Laut, Koperasi Maritim Sejahtera Raya, KSU Bahari Jaya, Koperasi Jasa Masyarakat Kurnia Mandiri, Koperasi Nelayan Tepi Kuala Deli dan Koperasi Nelayan Kamtibmas.
Kepala DKP Sumut, Mulyadi Simatupang diwakili Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Sumut, Yuliani Siregar, mengatakan, alat tangkap ikan ini diharapkan dapat digunakan dengan baik oleh nelayan agar hasil tangkapan ikan semakin banyak sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan.

“Nelayan jangan lagi memggunakan alat tangkap ikan yang dilarang pemerintah. Alat tangkap jaring mata 100 ini sudah ramah lingkungan, jadi nelayan dapat mempergunakan sebaik mungkin dan jangan dijual agar kerjasama dapat terus berlanjut,” ujarnya.

Memang diakui Yuliani, dari pengakua nelayan alat tangkap jaring yang dibutuhkan nelayan saat ini jaring mata 400 dan 500. Karena laut sudah semakin dangkal dan nelayan harus mencari ikan hingga ke tengah laut. “Jaring mata 100 ini sesuai dengan DPA kami. Jadi tergantung para nelayan bagaimana cara menggunakannya sehingga bermanfaat. Tapi untuk tahun depan, InsyaAllah DKP akan memberi lagi bantuan alat tangkap jaring mata 400 sesuai yang diinginkan nelayan,” ungkapnya.

Bantuan alat tangkap jaring ini juga nantinya diberikan kepada kelompok nelayan di Kabupaten Deli Serdang sebanyak 620 unit untuk 17 kelompok, Kabupaten Langkat sebanyak 240 unit dibagikan kepada 8 kelompok nelayan, Kabupaten Asahan 8 kelompok sebanyak 450 unit alat tangkap dan Kabupaten Labuhan Batu sebanyak 400 unit alat tangkap untuk 4 kelompok. Dengan total seluruh bantuan alat tangkap ikan jarimg sebanyak 1950 unit.

Harapan yang sama juga dinyatakan Kepala UPTD PPI Nelayan Indah Kota Medan, Dodi Asrizal SPi. “Bantuan ini harus dapat digunakan sebaik-baiknya. Dengan bantuan ini juga diharapkan hasil tangkapan nelayan semakin banyak dan perekonomian nelayan juga meningkat,” katanya.

Ketua Koperasi Nelayan Kamtibmas, Umar Bakri menyatakan, rasa syukurnya mendapatkan alat tangkap ikan jaring yang selama ini nelayan butuhkan.
“Kami bersyukur apapun itu bantuan yang diberikan pemerintah. Karena alasan covid 19, jadi bantuan baru pertama kali kami dapatkan. Dan harapannya bantuan akan terus mengalir agar kehidupan para nelayan semakin layak,” ungkapnya. (h01)

Teks
Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Sumut, Yuliani Siregar saat menyerahkan alat tangkap jaring kepada kelompok nelayan, Jumat (19/11) di Kantor UPTD PPI Nelayan Indah Kota Medan. Waspada/Yuni Naibaho

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *