Dinkes Sumut Lakukan Percepatan Vaksinasi, 3T Dan 5M

Dinkes Sumut Lakukan Percepatan Vaksinasi, 3T Dan 5M

  • Bagikan
COVID-19. Ilustrasi
COVID-19. Ilustrasi

MEDAN (Waspada): Provinsi Sumatera Utara (Sumut) baru-baru ini ditetapkan sudah turun ke level 2 karena kasus konfirmasi Covid-19 nya sudah mengalami penurunan.

Namun data Satgas Penanganan Covid-19 pusat justru Sumut malah dinyatakan kembali menjadi daerha penyumbang kasus baru positif Covid-19 terbanyak di Indonesia.

                                             

Menanggapi ini, Kepala Dinas Kesehatan Sumut, drg Ismael Lubis saat dikonfirmasi Waspada pada Kamis (23/9) mengatakan Sumut masuk level 2 karena beberapa faktor yaitu karna dilihat capaian total vaksinasinya dimana aturannya capaian vaksinasi dosis 1 minimal sebesar 50% dan capaian vaksinasi dosis 1 lanjut usia di atas 60 tahun minimal sebesar 40%.

Jadi katanya upaya agar kasus Covid-19 di Sumut terus menurun pihaknya akan melakukan percepatan-percepatan diantaranya percepatan vaksinasi, 3T yaitu pemeriksaan dini (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment) dan juga percepatan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta, membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Kita akan lakukan percepatan-percepatan agar kasus Covid-19 di Sumut ini terus menurun. Terpenting itu semua masyarakat harus terus berprilaku hidup sehat, prokes terus,” ucapnya.

Sementara, data yang dilansir satgas penanganan Covid-19 pusat meski Sumut tercatat masih penyumbang kasus terbanyak, tetapi jumlah pasien sembuhnya justru dikatakan terbanyak dibanding daerah lain.

Kadis Kesehatan yang baru saja dilantik ini mengharapkan agar kasus Covid-19 di Sumut ini segera usai. Supaya semua aktivitas bisa bergerak normal kembali. (cbud)

  • Bagikan