Waspada
Waspada » Club Sepeda HCI Jadikan Santri Sehat Dan Kreatif
Medan

Club Sepeda HCI Jadikan Santri Sehat Dan Kreatif

CLUB Sepeda HCI yang dibentuk untuk sarana olahraga dan rekreasi santri. Waspada/ist
CLUB Sepeda HCI yang dibentuk untuk sarana olahraga dan rekreasi santri. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Club Sepeda Huffadz Center Indonesia (HCI) ternyata mampu menjadikan para santri kreatif dan berwawasan. Hal ini dibenarkan Ketua Club Sepeda  Huffadz Center Indonesia (HCI), Muhammad Hasbi Maulana Batubara, didampingi Penanggungjawab Operasional Club Sepeda, Ikmal Mulia Harahap, di Medan, Senin (13/1).

Hasbi menyebutkan, setiap Ahad, para santri diajak bersama-sama bersepeda ke berbagai kawasan Kota Medan, seperti Lapangan Merdeka dan Kampus USU.

Diakuinya, komunitas ini baru berdiri sejak satu tahun terakhir. Club sepeda ini, selain untuk olahraga bertujuan mengedukasi agar para santri menjadi orang yang taat berlalu lintas, displin dan membangun tim.

Di samping itu, dengan bersepeda bisa berwisata, setelah selama sepekan disibukkan dengan aktivitas menghafal Al Quran setiap harinya.

“Bersepeda ini, kita lakukan setiap hari Minggu. Sebelum bersepeda, para santri yang ikut  dibekali dengan ilmu tentang dan teknik menggunakan sepeda.

Di antaranya, cara  menggunakan sepeda pada awal start, cara berhenti dan cara mengayuh pedal sepeda. Tidak melanggar rambu-rambu  lalu lintas dan teknik memelihara sepeda saat kembali ke kediaman. Jadi bersepeda itu ada cara dan tekniknya,” kata Hasbi.

Fresh

Pembina HCI, Hj Revita Lubis mengatakan, Club Sepeda HCI, ini juga bertujuan agar santri lebih fresh. Selain itu, sebagai salah satu reward bagi santri yang sudah belajar setiap hari menghafal Al Quran.

“Mereka perlu olahraga di luar ruangan sembari menikmati inti kota Medan dalam satu team work yang kompak. Setelahnya, sarapan bersama. Saya bahagia melihat santri dengan club ini. Sebab mereka juga bertanggungjawab untuk menjaga dan merawat sepeda yang dipakai,” kata Revita Lubis sembari memperlihatkan Galeri Club Sepeda HCI dengan beragam model sepeda.

Pengasuh santri di HCI, Mahadir Saleh, MPd menyebutkan, dengan bersepeda dapat menanamkan displin, dan belajar taat aturan serta belajar sabar.

“Yang tiga ini, yang saya lihat. Misalnya saat anak-anak makan, tidak mau lagi makan sebelum sama-sama makan. Sebelumnya, ada yang mau makan cepat,”ujarnya.

Wakil Ketua Club Sepeda, Irfan Mansyur Simora, mengatakan dengan bersepeda selain menambah ilmu juga semakin menanamkan disiplin dan kekompakan tim,sebab tindakan tersebut merupakan bentuk pelanggaran dan mengambil hak orang lain.

“Santi yang bisa ikut Club Sepeda juga diseleksi sebab sepeda yang kami bawa bukan sepeda biasa, butuh kecakapan saat membawa dan merawatnya,” katanya. (m37)

 

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2