Waspada
Waspada » Cegah Covid-19 Dengan Penguatan Keluarga Sehat
Medan

Cegah Covid-19 Dengan Penguatan Keluarga Sehat

TIM Dosen Fakultas Kehutanan USU,melaksanakan Pengabdian Masyarakat mencegah Covid-19 dengan penguatan keluarga sehat. Waspada/ist
TIM Dosen Fakultas Kehutanan USU,melaksanakan Pengabdian Masyarakat mencegah Covid-19 dengan penguatan keluarga sehat. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Tim Dosen Fakultas Kehutanan USU melaksanakan Pengabdian Masyarakat cegah Covid-19 dengan penguatan keluarga sehat.

Pengabdian masyarakat ini merupakan skema Dosen Wajib Mengabdi 2020 yang dibiayai Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM USU).

Kegiatan dilaksanakan oleh lima orang, yaitu Dr Bejo Slamet, Dr Irawati Azhar, Dr Nurdin Sulistiyono, Dr Oding Affandi  dengan  diketuai oleh Pindi Patana, M Sc.

Dalam keterangannya, Ketua Tim, Pindi Patana M Sc menyebutkan, Jumat (25/9), salahsatu langkah cegah COvid-19 adalah dengan penguatan keluarga sehat.

“Peran keluarga dalam pencegahan penyebaran Covid-19 sangat penting,” katanya.

Setiap individu dalam keluarga memiliki peran untuk bersama-sama menjaga kesehatan selama masa pandemi ini.

“Oleh karena itu para Dosen Fakultas Kehutanan USU berinisiatif mengadakan Pengabdian Pada Masyarakat berupa kegiatan penyuluhan tentang pentingnya menguatkan kembali peran keluarga untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui budaya hidup sehat,”ujarnya.

Dijelaskan, kegiatan sudah berlangsung pada Sabtu(12/9), di Komplek Perumahan Villa Mutiara Johor 2, Kecamatan Namorambe Deli Serdang.

Hadir dalam kegiatan warga komplek VMJ2 dan sekitarnya.  Rangkaian kegiatan meliputi penyampaian materi tentang pengenalan tanaman berkhasiat obat dan pentingnya peran keluarga mengikuti protokol pencegahan Covid-19.

Dengan penggunaan masker dan kebiasaan mencuci tangan.

Kegiatan ini juga berkolaborasi dengan Susi Aisyah, SP dari Rumah Belajar Kehidupan yang memberikan peragaan tentang cara membuat minuman sehat dari bahan-bahan tradisional.

Seperti sirup lemon, sereh lemon gula aren, jeniperdu (jeruk nipis peras madu), dan teh jahe.
Harapannya para peserta yang hadir dapat mempraktekan membuat minuman sehat di rumahnya masing-masing selepas mengikuti kegiatan ini.

Kata dia, sambutan masyarakat terhadap kegiatan sangat antusias.

Bahkan Anwar Nasution selaku Ketua STM Al-Huda Sidodadi, mengakui kegiatan ini sangat bermanfaat.

“Kami sangat mendukung kegiatan pengabdian dosen USU ini, karena bisa langsung dirasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Selain penyuluhan dan peragaan membuat minuman, masyarakat juga diberikan seperangkat bingkisan yang berisi masker, hand sanitizer, madu, sirup lemon  dan bahan-bahan olahan berkhasiat obat. (m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2