Calon Pengantin Wajib Tahu Informasi Cegah Stunting

Calon Pengantin Wajib Tahu Informasi Cegah Stunting

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Upaya pencegahan stunting terus dijalankan. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), kali ini berkesempatan mengunjungi Kabupaten Batu Bara pada Jumat (19/11) untuk melaksanakan Sosialisasi, Advokasi dan KIE Program Bangga Kencana bersama mitra kerja yakni Komisi IX DPR RI.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh perwakilan dari BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas PPKB Kabupaten Batu Bara,Kepala Dinas PPKB Batu Bara, H.Budianto,S.Sos serta H. Ansory Siregar, Lc selaku Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Fraksi PKS.

BKKBN diwakili oleh Eka Sulistia Ediningsih, SH selaku Direktur Sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE), memberikan paparan terkait pentingnya melakukan cek kesehatan bagi calon pengantin.

Kata dia, hal ini bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena stunting pada anak.

“Mohon diingat terutama bagi perempuan yang akan menikah, segera periksa kesehatannya jangan sampai terkena anemia atau masalah kesehatan lain yang akan beresiko pada kelahiran anak stunting. Pembinaan mengenai resiko dan cara pencegahan stunting memang sebaiknya dilakukan sebelum menikah,” ucapnya.

Dijelaskan, menambahkan bahwa usia hamil sebaiknya antara 20 hingga 35 tahun.

Selain itu, mengatur jarak kehamilan juga dapat mengurangi resiko anak terkena stunting, karena ASI dapat diberikan secara ekslusif dan tumbuh kembang anak dapat lebih diperhatikan oleh orang tua.

Dalam sambutannya H. Ansory Siregar, Lc menyampaikan dukungannya terhadap program Bangga Kencana terkhusus pada upaya penurunan angka stunting di Indonesia.

“Harapannya anak-anak kita bisa tumbuh dan berkembang menjadi generasi tangguh dan terhindar dari stunting” ungkapnya.(m22)

Teks foto
Eka Sulistia Ediningsih, SH, H. Ansory Siregar, Lc, dan Yusrodi Rangkuti, S.Sos saat sosialisasi di Kabupaten Batu Bara. Waspada/ist

  • Bagikan