Waspada
Waspada » Bus Trans Metro Deli Masih Gratis
Medan

Bus Trans Metro Deli Masih Gratis

MEDAN (Waspada): Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan Iswar Lubis menegaskan, hingga saat ini masyarakat yang menaiki Bus Trans Metro Deli tidak dikenakan biaya alias masih gratis.
MEDAN (Waspada): Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan Iswar Lubis menegaskan, hingga saat ini masyarakat yang menaiki Bus Trans Metro Deli tidak dikenakan biaya alias masih gratis.

MEDAN (Waspada): Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan Iswar Lubis menegaskan, hingga saat ini masyarakat yang menaiki Bus Trans Metro Deli tidak dikenakan biaya alias masih gratis. Sebab, sampai saat ini belum ada Perpres Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tentang penetapan tarif.

“Untuk menetapkan bayar berbayar itu nanti harus ada Perpres PNBP soal penetapan tarif. Karena itu kan nanti masuknya ke Penerimaan Negara Bukan Pajak, selama ini belum keluar maka masih gratis terus,” kata Iswar kepada Waspada, Senin (4/1).

Diakuinya, memang ada target dari Kementerian Perhubungan Perpres tersebut keluar Desember 2020.

“Kemarin kan mereka usahakan Pepres tentang PNBP itu keluar Desember 2020. Tapi sampai saat ini belum ada konfirmasi ke kita soal Perpres tersebut. Nanti tarif yang ada dalam Perpres tersebut nanti tarif murah,” imbuhnya.

Terkait jalur Bus Trans Metro Deli, ditegaskan Iswar sudah fix karena sudah di SK-kan. “Sedangkan halte sudah ada hasil surveinya untuk beberapa titik. Halte ini kan merupakan tanggungjawab pemerintah daerah, hanya saja kita memang berpikir kalau adanya pihak ketiga mau membangun, kenapa kita harus menggunakan APBD,” tuturnya.

Disebutkannya, pihak ketiga awalnya sudah setuju membangun halte Bus Trans Metro Deli. Namun, karena Covid-19 maka keuangan perusahaan yang ingin membangun halte kurang stabil.

“Makanya batal-lah halte yang banyak itu, maka kita ajukan balik ke APBD, sementara APBD kita kan sedang tidak bagus, karena fokusnya sedang menangani kesehatan. Untuk saat ini baru terbangunlah beberapa rambu-rambu saja,” imbuhnya lagi.

Ditambahkannya, pihaknya akan membangun halte Bus Trans Metro Deli namun disesuaikan dengan kondisi keuangan di APBD.  “Karena kan diprioritaskan untuk kesehatan masyarakat dalam menghadapi wabah Covid-19 ini,” tambah Iswar. (m26)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2