Buku Ratna Sarumpaet: Aku Bukan Politikus Diluncurkan

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Aktivis sekaligus artis pemeran seni Ratna Sarumpaet mengaku dirinya tak suka berpolitik apalagi menjadi politikus. Meski tak suka berpolitik namun pekerja seni ini ternyata mengikuti perkembangan politik.


“Aku tak suka politik apalagi menjadi politikus namun aku tetap mengikuti perkembangan politik di negeri ini,” tutur Ratna Sarumpaet saat peluncuran buku Ratna Sarumpaet: Aku Bukan Politikus dan monolog Marsinah Menggugat di Medan, Minggu (17/4) sekaligus acara berbuka puasa bersama dan menyantuni anak yatim piatu.

Ratna Sarumpaet menyebutkan bahwa negeri ini sebenarnya sangat kaya namun bagaimana bangsa yang dihormati bisa miskin dan semiskinnya. Memberi sedekah kepada kaum dhuafa atau anak-anak yatim piatu sejatinya adalah tugas negara. Tugas negara adalah mensejahterahkan rakyatnya, membuat rakyatnya hidup layak dan bukan disedekahi.

“Mari kita berdoa agar bangsa ini bisa keluar dari keterpurukan,” sebut Ratna Sarumpaet yang sempat membuat heboh negeri ini sebelum perhelatan Pemilu 2019 lalu.

Acara peluncuran buka tersebut dihadiri oleh sejumlah pengurus Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) dan para aktivis serta mewakili pihak penerbit.
Hasil penjualan buku tersebut akan disumbangkan kepada kaum dhuafa.

Teguh Santosa selaku pihak penerbit Booknesia menyebutkan bahwa Ratna Sarumpaet: Aku Bukan Politikus merupakan buku karya seni yang bermutu apalagi mengenai otobiografi aktivis, pelaku karya seni bertaraf nasional dan internasional sekaligus tokoh kontroversial.

“Booknesia merasa terhormat dapat menerbitkan buku yang memberikan pencerahan bagi publik tanah air tentang sosok Ratna Sarumpaet dan apa yang menjadi perjuangannya selama ini. Buku ini dapat memberikan gambaran bahwa kegigihan Ratna Sarumpaet dalam membela rakyat tertindas tidak sekonyong-konyong namun sudah dirintis sejak muda. Dia juga telah memilih jalurnya sendiri, yaitu melalui seni,” tutur Teguh Santosa.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Generasi Muda Pujakesuma Nusantara Danu Prayitno Siyo SE, MM yang hadir dalam acara tersebut saat diminta testimoninya oleh Waspada, menilai buku Ratna Sarumpaet: Aku Bukan Politikus sangat cocok dibaca oleh para generasi muda sekaligus menjadi motivasi bagi generasi muda agar lebih banyak berinovasi, berkreasi agar semakin cinta sama NKRI.

“Selain mengandung nilai edukatif, buku ini sangat cocok menjadi bahan bacaan para generasi muda sehingga menjadi motivasi bagi generasi muda untuk memperbanyak kreasi dan semakin cinta sama NKRI,” ujar Danu Prayitno Siyo kepada Waspada.

Sebelum mengakhiri acara tersebut, artis Atiqah Hasiholan tampil di pentas membawakan monolog Marsinah Menggugat. Lakon yang dibawakan artis tersebut mengisahkan Marsinah, buruh wanita yang memperjuangkan nasib kaum buruh meski nasibnya berakhir dengan tragis.

Selanjutnya, panitia peluncuran buku Ratna Sarumpaet: Aku Bukan Politikus memberikan tali asih kepada sejumlah anak yatim piatu dan buka puasa bersama.(m27)

Waspada/Andi Aria Tirtayasa

Artis dan pekerja seni nasional dan internasional Ratna Sarumpaet foto bersama dengan sejumlah anah yatim piatu usai memberikan tali asih kepada anak-anak yatim piatu pada acara peluncuran buku Ratna Sarumpaet: Aku Bukan Politikus, Minggu (17/4) di Medan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.