Waspada
Waspada » BPJS Kesehatan Cabang Medan Sosialisasi ARIP Ke OPD Di Binjai
Medan

BPJS Kesehatan Cabang Medan Sosialisasi ARIP Ke OPD Di Binjai

MEDAN (Waspada): BPJS Kesehatan Cabang Medan mulai mengimplementasikan Aplikasi Rekonsiliasi Iuran Pemda (ARIP), baru-baru ini BPJS mensosialisasikannya kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada di Pemerintah Kota Binjai.

Melalui keterangan persnya pada Selasa (6/4) di Medan, Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Medan, Fauziah Anwar mengatakan bahwa ARIP sendiri merupakan aplikasi berbasis web yang bertujuan untuk mempermudah perhitungan rekonsiliasi iuran Pemda yang selama ini dilakukan secara manual antara BPJS Kesehatan dan OPD Pemda.

“Kami terus berupaya untuk mempermudah proses perhitungan rekonsiliasi iuran Pemda antara BPJS Kesehatan dan OPD Pemda, salah satu upaya tersebut adalah dengan adanya ARIP ini, yang sebelumnya rekonsiliasi dilakukan secara manual, sekarang sudah by system,” kata Fauziah Anwar.

Fauziah mengungkapkan, digunakannya ARIP ini diharapkan mampu mempercepat proses rekonsiliasi iuran Pemda, yang sebelumnya bisa memakan waktu lebih dari satu bulan, sekarang dengan ARIP hanya butuh waktu 5 sampai 7 hari kerja saja.

Bahkan ditambahkan Fauziah di dalam ARIP terdapat fitur yang memuat beberapa komponen sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 900/14075/SJ yaitu meliputi komponen gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabaran dan tambahan penghasilan lainnya.

“ARIP kita buat sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang ada dan sebelum implementasi ARIP ini kami juga secara intens melibatkan OPD Pemda untuk memberikan masukan dan arahan terkait pengembangan ARIP ini sendiri,” ujar Fauziah

Terbantu

Sementara itu, Kepala BPKAD Pemerintah Kota Binjai, Affan Siregar yang ikut hadir dalam sosialisasi ARIP, menyatakan bahwa pihaknya sangat senang dengan adanya ARIP ini, sehingga akurasi dan ketepatan waktu perhitungan iuran Pemda dapat lebih maksimal lagi.

“Pemerintah Kota Binjai khususnya masing-masing OPD nantinya dapat terbantu dengan ARIP ini perihal waktu pengerjaan yang lebih singkat, akurasi data yang lebih tinggi dan dapat menjadi data rujukan untuk memverifikasi data PNS di masing-masing OPD,” tutup Affan.(cbud)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2