BOR Covid-19 Di RSUP H Adam Malik Hanya 17-18 Persen

BOR Covid-19 Di RSUP H Adam Malik Hanya 17-18 Persen

  • Bagikan
COVID-19. Ilustrasi
COVID-19. Ilustrasi

MEDAN (Waspada): Tingkat keterisian tempat tidur isolasi atau Bed Occupancy Ratio (BOR) Covid-19 di RSUP H Adam Malik Medan hanya 17-18 persen.

“Sudah sangat nyaman, BOR nya sudah 17-18 persen saja. Kami sudah menutup sebagian ruangan untuk melayani pasien umum (non corona-red),” kata Direktur Utama RSUP H Adam Malik dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP pada Rabu (22/9).

                                             

Ia mengatakan berdasarkan laporan, penurunan BOR juga terjadi di rumah sakit di provinsi lain. “Alhamdulillah, kita mendapatkan laporan di provinsi lain juga sudah turun,” ujarnya.

Kedepan, lanjutnya, RS Adam Malik lebih fokus kepada pasien Covid-19 dengan gejala berat dan kritis. “Kalau yang ringan-ringan bisa di daerah atau RS lain. Jadi makanya kita nanti lebih banyak ICU-nya malah, itu relevan dengan yang kita bangun,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, saat ini total ruang isolasi Covid-19 di RSUP HAM berjumlah 286 unit. “Dari jumlah itu yang terisi sekitar 18 persen. Mungkin hari ini kita keluarkan lagi SK nya dari ruangan ini (Covid-19) ke pasien umum,” pungkasnya.

Turunnya BOR Covid-19 di RS Adam Malik, maka telah terjadi penurunan kasus konfirmasi Covid-19. “Dari 90 persen Penggunaan ICU turun menjadi 18 persen, begitu juga ruangan isolasi di luar ICU juga sangat turun. Penurunan ini sudah terjadi sejak dua minggu sebelumnya, secara perlahan,” tambahnya. (Cbud)

Dikirim dari Yahoo Mail di Android

  • Bagikan