Waspada
Waspada » Bobby Janji Insentif Nakes Dibayar Secepatnya
Medan

Bobby Janji Insentif Nakes Dibayar Secepatnya

TENAGA kesehatan. Walikota Medan Bobby Nasution janji insentif Nakes dibayar secepatnya. Ilustrasi
TENAGA kesehatan. Walikota Medan Bobby Nasution janji insentif Nakes dibayar secepatnya. Ilustrasi

MEDAN (Waspada): Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution mengatakan, dalam waktu dekat akan membayar insentif  tenaga kesehatan (nakes) RSUD dr Pirngadi Medan.

“Kita sudah rapatkan soal insentif nakes yang belum dicairkan. Mungkin minggu ini atau minggu depan sudah cair. Paling lama minggu depan kita keluarkan insentif nakes,” kata Bobby di Medan, Rabu (3/3).

Bobby mengaku sumber dana insentif nakes berasal dari pemerintah pusat. Nantinya yang dibayarkan tahap awal untuk nakes di RSUD dr Pirngadi. Tidak sekaligus 8 bulan tunggakan insentif yang dicairkan. Tapi bertahap.

“Kalau gak salah untuk tiga bulan yang sebelum dibayarkan, tiga bulan dari bulan yang terakhir dibayarkan,” terangnya.

Insentif nakes di Puskesmas juga akan dibayarkan. Namun, hanya dua bulan dari yang terakhir dibayarkan. “Bertahap kita bayarkankan. Insentif yang tertunggak ada di Puskesmas dan  ada RS Pirngadi. Jadi harus kita ratakan dululah,” ungkapnya.

Tidak Cair

Seperti diketahui, puluhan nakes RSUD dr Pirngadi Medan melakukan aksi unjukrasa karena insentif mereka tidak cair.

Para nakes juga melaporkan peristiwa tertundanya pembayaran insentif nakes ke Ombudsman RI Perwakilan Sumut. Bahkan, Ombudsman telah memeriksa dan meminta klarifikasi kepada Sekretaris Daerah Medan Wirya Al Rahman terkait hal ini.

Terkait ini, Kadis Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit, mengatakan pembayaran nakes di RS Pirngadi diurus oleh Pemko Medan. Dia mengatakan belum mengetahui detail apa masalah yang terjadi hingga insentif belum cair.

Para nakes yang menangani pasien COVID-19 di RS Pirngadi Medan berdemo pada Rabu 10 Februari 2021. Mereka mengaku insentif belum cair sejak Mei 2020.

Alwi kemudian menjelaskan mekanisme pembayaran insentif para nakes. Dia mengatakan pembayaran insentif itu menggunakan anggaran dari Kementerian Kesehatan dan langsung ditransfer ke rekening masing-masing nakes setelah ada usulan dari Dinkes Medan.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Medis RSUD Pirngadi Medan Risma menyebut, pihaknya tidak mengetahui kendala terkait pencairan insentif para nakes itu. Dia mengaku, sejak Mei sampai Desember 2020 insentif tersebut memang belum cair. (m26)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2