Bobby Dinilai Mampu Atasi Banjir Medan Berbiaya Rp350 Miliar

Bobby Dinilai Mampu Atasi Banjir Medan Berbiaya Rp350 Miliar

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Sungai Deli kembali meluap sejak Kamis (19/8) pukul 23.00 WIB hingga Jumat (20/8) pukul 01.00 WIB yang mengakibatkan ratusan rumah warga terendam banjir sampai setinggi lutut orang dewasa.

Sering meluapnya dua sungai besar di Kota Medan yakni Sungai Deli dan Sungai Babura mengakibatkan warga yang bermukim dibantaran sungai tersebut selalu dihantui kecemasan dan perasaan was-was.

Warga pun berharap Wali Kota Medan Bobby Nasution mampu mengatasi banjir yang sudah menahun tersebut.

Seperti yang disampaikan Pengamat Lingkungan dan Tata Kota, Jaya Arjuna.

Dua Tahun

Jaya menilai Wali Kota Medan Bobby Nasution mampu mengatasi banjir dalam tempo dua tahun dengan anggaran biaya sekitar Rp350 miliar.

‘’Penanganan banjir di Kota Medan dan banjir rob di Belawan tidak sampai setengah triliun, cukup Rp350 miliar dan dalam tempo dua tahun selesai,’’ papar Jaya Arjuna kepada Waspada di Medan, Jumat (20/8) sore.

Menyediakan dana sebesar itu, Jaya yakin Bobby mampu. ‘’Pasti bisa. Tidak sampai setengah T. Kan menantu Presiden,’’ tuturnya.

Dalam paparannya, Jaya juga menyampaikan cara dan alat-alat yang diperlukan untuk mengatasi banjir Kota Medan maupun banjir rob Belawan.

‘’Sedimen-sedimen, terutama di seluruh sungai yang ada di Kota Medan maupun muara sungai dikeruk dengan alat khusus. Tidak perlu membuat pelebaran dengan anggaran triliunan dan akhirnya dijadikan proyek seperti membangun waduk,’’ cetusnya.

Jaya mengaku kecewa ada terdengar kabar untuk mengatasi banjir rob Belawan diajukan anggaran sampai Rp6 triliun. ‘’Mengatasi banjir di kota dan banjir rob Belawan tidak sampai setengah T,’’ tandasnya.(m29)

Teks foto
Sejumlah anak Kel. Aur, Kec. Medan Maimun mandi di Sungai Deli, Jumat (20/9). Sering meluapnya Sungai Deli dikarenakan sungai yang dangkal serta banyak tumpukan sampah seperti plastik dan ranting pohon. Waspada/Andy Aditya

  • Bagikan