Waspada
Waspada » BMKG Sosialisasi Layanan Informasi Secara Daring
Medan

BMKG Sosialisasi Layanan Informasi Secara Daring

KEPALA Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah 1 Medan, Edison Kurniawan. BMKG Sosialisasi Layanan Informasi Secara Daring bertujuan mendengar secara langsung masukan, saran, kritik dan testimoni dari seluruh pelanggan (customer). Waspada/Ist
KEPALA Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah 1 Medan, Edison Kurniawan. BMKG Sosialisasi Layanan Informasi Secara Daring bertujuan mendengar secara langsung masukan, saran, kritik dan testimoni dari seluruh pelanggan (customer). Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah 1 Medan melaksanakan terobosan baru, melalui sosialisasi layanan informasi kepada seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) secara daring.

BMKG sosialisasi layanan informasi secara daring dilakukan bertujuan mendengar secara langsung masukan, saran, kritik dan testimoni dari seluruh pelanggan (customer).

Hal itu terungkap saat berlangsungnya kegiatan Hari Pelanggan Nasional, Jumat (4/9).

Adapun peserta sosialisi layanan dihadiri oleh stakeholder yang berasal dari Kemeterian/ Lembaga/TNI/Polri/Perguruan Tinggi/BUMN.

Serta perusahaan swasta nasional, seperti BPBD Provinsi Sumatera Utara, Basarnas, Universitas Sumatera Utara.

Lanud TNI AU Soewondo Universitas Sari Mutiara, Politeknik Negeri Medan, PT Inalum, Media Nasional, Badan Pengelola Otorita Danau Toba, dan lain-lain.

Sosialisasi layanan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dalam mendukung Peningkatan Layanan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dan sekaligus mendengar secara langsung masukan, saran, kritik dan testimoni dari seluruh Pelanggan (customer).

“Sosialisasi ini dilakukan untuk melihat sejauh mana respon dari stakeholder dalam penggunaan layanan infromasi data dan produk layanan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika,” kata Kepala BMKG Wilayah 1 Medan, Edison Kurniawan (foto).

Dia juga menjelaskan sosialisasi ini sangat penting dalam semua aspek bidang, dengan kata lain pentingnya one stop service dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder.

Hal ini juga dilakukan untuk membangun zona Integritas di Lingkungan BBMKG Wilayah I bagi penguatan pelayanan publik.

Saat ini layanan MKG telah dibangun dibangun secara real time terutama di dalam pembangunan nasional yang meliputi beberapa sektor.

Di antaranya transportasi, pertanian/kehutanan, pariwisata, pertahanan dan keamanan, kostruksi, tata ruang, kesehatan, sumber daya air, energi dan pertambangan, industri, kelautan dan perikanan dan penanggulangan bencana.

Ini dimaksudkan dalam upaya pencegahan korupsi, Menteri PAN RB telah menerbitkan Permenpan RB Nomor 60 Tahun 2012.

Isinya tentang Pedoman Umum Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Peraturan tersebut sebagai pedoman umum yang merupakan acuan dalam rangka Pembangunan Zona Integritas.

Di tahun 2020 ini, BBMKG Wilayah I telah diusulkan di dalam kegiatan pembangunan Zona Integritas.

Untuk menjadikan unit kerja sebagai WBK/WBBM, maka harus memenuhi kriteria penilaian yang meliputi 60% komponen Pengungkit dan 40% Komponen Hasil.

Ini akan dinilai oleh Tim Penilai Internal (TPI) dan selanjutnya dilakukan evaluasi oleh Tim Penilai Nasional.

Tupoksi

Salah satu indikator di dalam penilaian pengungkit yang sangat penting adalah Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Dalam hal tugas pokok dan fungsi BMKG berdasarkan UU No 31/2009, BMKG bertugas untuk memberikan informasi dan layanan MKG kepada masyarakat luas.

Sehingga kegiatan sosialisasi ini dinilai cukup strategis untuk melakukan pembenahan internal khususnya bagi pelayanan publik.

Dia juga menjelaskan beberapa poin, di antaranya Informasi informasi produk layanan, alur layanan, peralatan pendukung layanan.

Kemudian regulasi (PP No 47 Tahun 2018 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada BMKG dan Peraturan KBMKG No 8 Tahun 2013.

Yakni tentang syarat dan tata cara pengenaan tarif Rp 0,0 (Nol Rupiah) atas jenis PNBP terhadap kegiatan tertentu di lingkungan BMKG), informasi program zona Integritas WBK/WBBM.

Dia juga memaparkan bahwa BBMKG Wilayah I juga memberikan layanan jasa kalibrasi bagi peralatan ukur seperti thermometer (pengukur suhu), barometer (pengukur tekanan udara), hygrometer (pengukur kelembaban udara), observasi curah hujan, dan anemometer (pengukur arah dan kecepatan angin).

Sosialisasi layanan ini sangat memberikan gambaran baik bagi stakeholder yang bersumber dari  akadamis, pemerintahan, media, BUMN, TNI.

Juga kepada masyarakat ujar peserta yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Stakeholder Balai Besar MKG Wilayah I sangat berterimakasih dalam kegiatan ini, dan dapat membangun sinergitas antara BMKG dan stakeholder. (m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2