Waspada
Waspada » BKKBN Sumut Yakin Bangga Kencana Sukses
Medan

BKKBN Sumut Yakin Bangga Kencana Sukses

KEPALA Perwakilan BKKBN Sumut membuka Pertemuan Pemaduan Perencanaan Program dan Anggaran Bangga Kencana (KORENDA) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021. KEPALA Perwakilan BKKBN Sumut yakin program bangga kencana sukses. Waspada/ist
KEPALA Perwakilan BKKBN Sumut membuka Pertemuan Pemaduan Perencanaan Program dan Anggaran Bangga Kencana (KORENDA) Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021. KEPALA Perwakilan BKKBN Sumut yakin program bangga kencana sukses. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Kepala Perwakilan BKKBN Sumut, Temazaro Zega, yakin program Pemaduan Perencanaan Program dan Anggaran Bangga Kencana (KORENDA) berjalan sukses.

BKKBN Sumut yakin Bangga Kencana sukses dengan dukungan anggaran dalam rangka pencapaian program itu di Sumut.

Hal itu disampaikan Temazaro pada pidato pembukaan KORENDA Sumut 2021 yang dihadiri oleh Para Kasubbag Program Dinas OPD KB Kabupaten/Kota se-Sumut, di Santika Premiere Dyandra Hotel Medan, Rabu(4/11). Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 4 s/d 6 November 2020.

Menurut Temazaro Zega, melalui Forum konsultasi dan konsolidasi pemaduan perencanaan program dan anggaran tahun 2021 ini, pihaknya manfaatkan untuk merencanakan dukungan anggaran dalam rangka pencapaian program Bangga Kencana di Provinsi Sumatera Utara.

“Mari kita sinergikan dukungan anggaran yang ada, antara dukungan APBN yang tertampung melalui Satker Perwakilan BKKBN Sumut, dengan dukungan APBD yang tertampung melalui Satker Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Provinsi maupun Kab/ Kota,” kata Temazaro.

Dijelaskan, arah kebijakan dan strategi BKKBN secara umum mengacu pada arah kebijakan dan strategi nasional yang dijabarkan dalam RPJMN 2020-2024.

Terutama dalam menerjemahkan Prioritas Nasional melalui Program Prioritas (PP) dan Kegiatan Prioritas (KP), yang menjadi arahan Presiden RI sebagai fokus penggarapan Pembangunan Nasional Indonesia periode 2020-2024.

Arah Kebijakan

Adapun arah kebijakan BKKBN adalah meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga yang holistik dan integratif sesuai siklus hidup, serta menguatkan pembentukan karakter dalam keluarga.

Kemudian menguatnya pemaduan dan sinkronisasi kebijakan pengendalian penduduk; meningkatkan akses dan kualitas penyelenggaraan KBKR yang komprehensif berbasis kewilayahan dan fokus pada segmentasi sasaran.

Meningkatkan Advokasi dan Penggerakan Program Bangga Kencana sesuai dengan karakteristik wilayah dan segmentasi sasaran dan memperkuat sistem informasi keluarga yang terintegrasi.

Selain itu, perlu integrasi dalam pelaksanaan program dan anggaran, baik dari Pemerintah Pusat hingga ke Pemerintah Desa.

Diharapkan, pembangunan yang direncanakan dapat selesai tepat waktu dan bermanfaat. Integrasi program antar Kementerian/Lembaga, Pemerintah Pusat dan Daerah menjadi penting untuk saling mengisi dan berkesinambungan.

Sehingga pendekatan perencanaan dan penganggaran yang holistik, integratif, tematik dan spasial dapat diwujudkan dan benar-benar menjadi dasar perencanaan dan pelaksanaan anggaran. (m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2