Waspada
Waspada » BKKBN Lanjutkan Berbagai Program Tahun 2020
Medan

BKKBN Lanjutkan Berbagai Program Tahun 2020

KEPALA Perwakilan BKKBN, Drs Temazaro Zega saat menjelaskan berbagai program BKKBN tahun 2020.
KEPALA Perwakilan BKKBN, Drs Temazaro Zega saat menjelaskan berbagai program BKKBN tahun 2020.

MEDAN(Waspada):  BKKBN lanjutkan berbagai program tahun 2020, yang diharapkan memberi dampak langsung kepada masyarakat.

“Berbagai program yang akan lanjutkan tahun 2020 di antaranya, Teknis Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK),” Kepala Perwakilan BKKBN, Drs Temazaro Zega, di Medan, Selasa(28/1).

Kemudian, sinkronisasi kebijakan pemerintah dengan pemerintah daerah dalam rangka pengendalian kuantitas penduduk di 33 kabupaten/kota.

BKKBN juga akan lanjutkan program sinkronisasi kebijakan dan strategi penetapan perencanaan pengendalian penduduk.

“Juga akan dilaksanakan penetapan profil (parameter dan proyeksi) penduduk, dan internalisasi kebijakan pengendalian dampak kependudukan

Kemudian, implementasi pendidikan kependudukan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota (formal, non formal, informal).

Peningkatan kemitraan dalam perencanaan pengendalian penduduk.Bimbingan teknis, monitoring dan evaluasi pengendalian penduduk,”katanya.

Kualitas Pelayanan

Di bagian lain keterangannya, Kepala BBKN Sumut  Temazaro Zega menyebut program kesertaan ber-KB melalui peningkatan akses dan kualitas pelayanan KBKR, yang sesuai dengan standar pelayanan (1.480.932 peserta KB).

Itu dilakukan dengan penggerakan dan pemantapan kesertaan ber-KB  melalui Metoda Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Termasuk pelayanan pencabutan implant peningkatan kualitas penggerakan pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi (KBKR).  di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan terluar (DTPK),.

Sasaran khusus Faskes KB (pemerintah dan swasta) yang memberikan pelayanan KB sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP) dan kesehatan reproduksi.

“Juga akan dilaksanakan peningkatan promosi kesehatan dan hak-hak reproduksi di Provinsi dan Kab/Kota,” katanya.

Jumlah Pembinaan, monitoring, evaluasi dan fasilitasi KBKR di kabupaten dan kota. Pembinaan Pembangunan keluarga di seluruh tingkatan wilayah 33 kab/kota).

Sosialisasi dan diseminasi kebijakan keluarga sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga diseluruh tingkatan wilayah,”katanya.

Terkait program fasilitasi, kata Temazaro Zega, termasuk memfasilitasi penguatan dan pembinaan Bina Keluarga Balita (BKN) Holistik Integrative Pembinaan kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS).

Pembinaan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (PEK), Pembinaan, Monitoring, evaluasi dan Fasilitasi kegiatan Bidang KSPK di Kabupaten dan Kota.

Serta penggerakan stakeholder mitra kerja serta perubahan sikap dan perilaku masyarakat berdasarkan data dan informasi yang berbasis IT dalam Program KKBPK( 33 kab/kota ), dll. (m37)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2