Bidang Hukum Perundang Undangan MUISU Diminta Lebih Aktif Untuk Umat

Bidang Hukum Perundang Undangan MUISU Diminta Lebih Aktif Untuk Umat

  • Bagikan
KETUA Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut, Dr. H Maratua Simanjuntak bersama panitia kegiatan dan sebagian peserta berpoto bersama. Waspada/Anum Saskia
KETUA Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut, Dr. H Maratua Simanjuntak bersama panitia kegiatan dan sebagian peserta berpoto bersama. Waspada/Anum Saskia


MEDAN (Waspada): Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut, Dr. H Maratua Simanjuntak meminta kepada Bidang Hukum dan Perundang-undangan untuk berperan lebih aktif meluruskan berbagai persoalan yang berkembang di tengah umat agar dapat sesuai dengan tuntunan syariah.

“Kendati itu cukup berat tapi kalau kita berpegang teguh pada kaidah syar’i, maka yakinlah bahwa semua persoalan akan mendapatkan jalan keluar terbaiknya,” kata H Maratua Simanjuntak di aula MUI Sumut Jalan Majelis Ulama Nomor 3 Medan, Kamis (21/10) sore.

Ketua MUI yang menyampaikan itu ketika membuka Rapat Koordinasi Bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan MUI Provinsi Sumut tersebut mencontohkan tentang pergeseran hari libur Maulid Nabi Muhammad yang seharusnya pada 12 Rabiul Awal 1443 H atau 19 Oktober 2021 M menjadi 13 Rabiul Awal atau 20 Oktober. “Maka MUI tetap berpedoman bahwa peringatan Maulid Nabi tetap pada 12 Rabiul Awal.

Bahkan MUI telah menyampaikan harapan agar pergeseran itu tidak terulang lagi kepada Gubsu H Edy Rahmayadi,” ungkap Maratua.

Hal lain, kata Maratua, mengingat saat ini zona Covid-19 Medan sekitarnya sudah berada di level 2 atau zona kuning. Maka larangan menjarangkan shaf seperti ketika masih di level 4 atau bahkan zona merah seperti waktu sebelumnya, sudah tidak dilarang lagi.

Menurut Maratua, peran strategis Bidang Hukum dan Perundang-undangan di provinsi dan kabupaten/kota menjadi sangat penting, sehingga akan lebih menentramkan umat ketika berhadapan dengan berbagai persoalan hukum dan HAM yang terus berkembang.

Menghimpun Berbagai Persoalan

Sementara itu, Ketua Bidang Hukum, HAM dan Perundang-undangan MUI Sumut, Dr. H Abd. Hamid Ritonga didampingi Sekretaris, Dr. H Abd. Hakim Siagian M.Hum menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk menghimpun berbagai persoalan yang terjadi di daerah dan selanjutnya dibahas bersama untuk mendapatkan jalan keluar terbaiknya.

Sementara Wakil Ketua Umum MUI Sumut, Dr. H Arso M.Hum dalam makalahnya mengajak kepada umat untuk menyatukan persepsi dalam melaksanakan ajaran Islam sesuai tuntunan Alquran dan Sunnah Nabi Muhammad SAW. (m22)

  • Bagikan