Besaran Honor Dokter Umum Rata-rata Masih Di Bawah UMP

Besaran Honor Dokter Umum Rata-rata Masih Di Bawah UMP

  • Bagikan
KETUA PDUI Sumut dr Rudi R Sambas ketika melakukan pertemuan. Waspada/Ist
KETUA PDUI Sumut dr Rudi R Sambas ketika melakukan pertemuan. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Sumut melakukan survei pelayanan profesi dokter umum di Sumatera Utara. Survei ini untuk untuk mengetahui dan menghimpun data besaran honor dokter umum tersebut.

“PDUI melakukan pertemuan dengan Ketua DPRD Sumut, Pak Baskami Ginting. Kita berbicara soal masalah honor dokter umum masih belum batas normal dan layak, maka kami akan melakukan pendataan terkait jasa medik dokter umum yang sejawat terima,” kata Ketua PDUI Sumut dr Rudi R Sambas kepada wartawan, Rabu (24/11).

Data hasil survei tersebut, lanjutnya, akan digunakan untuk audiensi atau pertemuan selanjutnya. “Nantinya hasil akhir yang diharapkan dari audiensi ini adalah aturan resmi yang mengatur jasa medik dokter umum,” harapnya.

“Besar harapan kami sejawat dapat berkontribusi dalam audiensi ini. Kami memohon doa restu sejawat, semoga audiensi ini dapat mendapatkan hasil yang terbaik,” sambung Rudi.

Sementara itu, Tim Koordinasi Survei dr. Romy juga mengatakan, survei tersebut untuk mengumpulkan data besaran honor dokter umum yang berprofesi di Sumut. “Dikarenakan sampai sekarang belum ada standard penetapan besaran honor berprofesi dokter umum di Sumut,” katanya.

Disebutkannya, data itu nantinya akan ditabulasi dan dibuat examinasi. Kemudian, akan usulkan tarif bawahnya sembari mengambil bahan dari daerah lain, dan usul kebijakan yang pernah dikeluarkan oleh IDI.

“Ada sekitar 6 ribu orang dokter umum di Sumut. Rata-rata besaran honornya masih dibawah UMP/UMK bagi yang berprofesi selain di RS,” tambahnya. (cbud)

  • Bagikan