Waspada
Waspada » BBPLK Gelar Pelatihan SDM Berkompetensi
Medan

BBPLK Gelar Pelatihan SDM Berkompetensi

KEPALA BBPLK Medan Muhammad Ali SS, PhD saat memaparkan saat gelar pelatihan SDM berbasis kompetensi di acara Join Practise Kejuruan Waiter, Cookery dan Pastry, di Medan, Selasa (16/3).Waspada/Andi Aria Tirtayasa
KEPALA BBPLK Medan Muhammad Ali SS, PhD saat memaparkan saat gelar pelatihan SDM berbasis kompetensi di acara Join Practise Kejuruan Waiter, Cookery dan Pastry, di Medan, Selasa (16/3).Waspada/Andi Aria Tirtayasa

MEDAN (Waspada): Kepala Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan Muhammad Ali SS, PhD menyebutkan, untuk menjawab tantangan dunia industri dan membantu masyarakat di masa pandemi Covid-19, Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan melaksanakan pelatihan sumber daya manusia (SDM) berbasis kompetensi Kejuruan Waiter, Cookery dan Pastry.

“Pelatihan dilaksanakan gratis selama 2 bulan diikuti 300 warga Kota Medan dan sekitarnya,” ujar Kepala BBPLK Medan Muhammad Ali kepada wartawan dalam acara Breakfast Join Practise Kejuruan Waiter, Cookery dan Pastry, Selasa (16/3), di Restoran Swarno Dwipa-BBPLK Medan  Jl. Gatot Subroto Medan.

Muhammad Ali menjelaskan, peserta pelatihan ini masyarakat yang terdampak Covid-19 dan di akhir pelatihan ini sengaja mengundang wartawan untuk ikut menilai dan menikmati sarapan (breakfast)  yang tersedia yang merupakan hasil karya para peserta pelatihan.

Mengingat hasil dari pelatihan harus sesuai harapan industri, maka proses mulai dari perekrutan peserta, pelaksanaan pelatihan dan monitoring proses pembuatan makanan dan minuman dilakukan dengan ketat dan mengundang pihak-pihak yang berkompeten.

Sebelumnya Rahmat selaku Sub Kordinator Pemberdayaan BBPLK Medan mengatakan, pelatihan dimulai Januari 2021 dan pelatihan akan berlanjut bukan saja dari Kota Medan tetapi juga dari seluruh Indonesia, karena BBPLK Medan merupakan satu di antara lima Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja di Indonesia, dan merupakan satu-satunya Balai Besar yang berada di luar Pulau Jawa.

Sosialisasikan FKLPI

Sementara itu, Ketua Forum Komunikasi Latihan Pekerja Industri (FKLPI) Sumut Hasustan Kosim menambahkan, untuk pengembangan latihan kerja di Sumut, maka pihaknya dalam waktu dekat akan turun ke Kabupaten Batubara dan Pematangsiantar untuk menyosialisasikan FKLPI di daerah itu.

“Danau Toba akan menjadi destinasi wisata dunia, maka dibutuhkan SDM berbasis kompeten. Itu harus kita lakukan kalau tidak maka nantinya masyarakat setempat tidak bisa berbuat apa-apa dan menjadi penonton tidak bisa menjadi pemain di daerah wisata itu kelak,” harapnya.

Sarapan pagi (breakfast) tersebut menyajikan hasil karya para peserta pelatihan dengan menyuguhkan menu salad, aneka roti, egg station,  aneka jus dan teh kopi dan buah segar. Ada juga puding dan kue-kue.(m27)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2