Antisipasi Cuaca Buruk Asrama Haji Siapkan Bus Antar Jeput Calhaj

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Antisipasi cuaca buruk saat kedatangan Calon Jamaah Haji (Calhaj) Sumatera Utara,  Asrama Haji Embarkasi Medan, menyiapkan sarana prasarana (Sarpras) untuk memberi kenyamanan pada Calhaj.

Hal itu disampaikan Kepala UPT Asrama Haji Medan, H.Ramlan Sudarto SH,(foto) Selasa(24/5).

Ramlan menyebutkan, sarpras yang disiapkan antaranya bus. Alat transportasi ini dirasa sangat penting, dalam memberi kenyamanan pada Calhaj yang ada di Asrama Haji, sebelum diberangkatkan ke Arab Saudi.

“Cuaca buruk yang rentan dengan hujan dikhawatirkan berdampak pada kesehatan Calhaj. Maka, kami siapkan bus agar mempermudah mobilitas jamaah, jika ingin shalat berjamaah ke masjid atau harus ke klinik kesehatan karena jarak dari hotel lumayan jauh,”ungkap Ramlan.


Dia juga menyampaikan, bus juga bisa digunakan membawa jamaah jika dalam kondisi hujan dan harus ke gedung Bir Ali untuk makan.” Karena restoran posisinya masih di gedung belakang hotel, maka saat hujan perlu juga menggunakan transportasi. Jangan sampai jamaah kehujanan bisa berdampak pada pakaian yang digunakan, terlebih saat akan keberangkatan,”ungkapnya.

Perihal restoran yang tidak satu gedung dengan hotel,Ramlan Sudarto menyebutkan telah menyampaikan rencana hotel dan gedung terintegrasi ke pusat. Namun belum terealisasi.

“Ya, penting juga gedung Bir Ali sebagai ruangan makan jamaah terintegrasi, guna mempermudah akses jamaah dan kenyamanan dalam cuaca kurang baik. Namun belum terealisasi,”kata Ramlan sembari menyebutkan Gedung Bir Ali itupun usia bangunannya sudah 30 tahun.

Kesiapan lain, kata Ramlan, meski tahun ini Calhaj tidak ada berusia 65 tahun keatas, namun pihaknya sudah mempersiapkan kursi roda di klinik. Hal itu sebagai antisipasi jika ada Calhaj yang perlu menggunakan kursi roda karena kondisi kesehatan.

“Memang kita berharap seluruh jamaah sehat walafiat,tetapi persiapan sarana prasarana sangat penting kami siapkan,”pungkas Ramlan.

Terkait harapan Anggota Komisi VIII DPRRI,H.Marwan Dasopang, agar Asrama Haji Medan menjadi Embarkasi Terbaik musim haji tahun ini, Ramlan berharap hal itu terwujud.

“Harapan saya keinginan itu terwujud. Sebab, berbagai persiapan dan uji kelayakan sarpras telah dilakukan. Bahkan telah dilaksanakan foging di seluruh area Asrama Haji. Kamar hotel jamaah juga sudah disterilisasi secara khusus. Ada 170 kamar di Gedung Madinah Almunawarah dan 80 kamar di gedung Jabal Nur dengan standar hotel bintang tiga. Alhamdulillah, jika harapan itu akhirnya tercapai,”pungkasnya.(m22)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.