Anggota DPRD Sumut Zainuddin Purba Usulkan Sayembara Tangkap Bandar Narkoba

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Anggota DPRD Sumut Zainuddin Purba (foto), mengusulkan kepada Kapoldasu dan jajarannya untuk membuat sayembara penangkapan bandar narkoba di daerah ini. Langkah ini dinilai efektif untuk menurunkan penyalahgunaan barang haram itu.

“Coba dibikin sayembara, yang isinya minta kepada masyarakat berani melaporkan tempat dan orang menjual narkoba, pasti turun peringkatnya,” kata Zainuddin di Medan, Senin (3/1).

Anggota dewan dari Fraksi Golkar ini merespon paparan Kapoldasu Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak 30 Desember terkait kinerja selama tahun 2021. Disebutkan, penanganan kasus narkotika pada Tahun 2021 mengalami peningkatan dibanding Tahun 2020, di mana Polda Sumut berhasil menuntaskan 6.098 kasus dengan 7.708 tersangka berhasil diamankan.

Menyikapi itu, Zainuddin berpendapat, masyarakat bukan melihat penanganan kasus yang ditangkap ataupun berapa ton yang diungkap, namun sudah berapa banyak para bandar yang ditagkap dan penutupan tempat transaksi yang bebas menjual dan mengkonsumsi narkoba.

“Tidak akan berani mereka menjual terbuka narkobanya kalau tidak ada kolusi antara bandar dan oknum kuat aparatnya,” ungkap Zainuddin.

Penanganan narkoba di Sumut, lanjut Zainuddin terkesan biasa-biasa saja, karena Kapoldasu juga masih bekerja dengan biasa-biasa saja, coba bekerja dengan spesial, pasti hasilnya juga spesial bagi warga Sumatera Utara.

Dia mengusulkan segera dibuat sayembara bagi masyarakat yang berani melaporkan tempat dan orang menjual narkoba di level polsek maupun Polres. “Kapoldasu kemudian berjanji akan mencopot Kapolres dan Kapokseknya, saya kira dua minggu Sumut pasti turun peringkat penyalahgunaan narkoba,” ujar Zainuddin.

Strategi Jitu

Ke depan, Zaindduin juga berharap Kapoldasu membuat strategi jitu dengan berani mencopot Kapolres yang wilayahnya ada transaksi narkoba secara masif.

“Saya jamin pasti bersih, dan memberikan hadiah istimewa kepada masyarakat Sumatera Utara, yang juga merupakan tanah tumpah darah Kapoldasu ini,” ujar Zainuddin.

Dalam pertemuan dirinya dengan Kapoldasu beberapa waktu lalu, Kapoldasu menyebutkan, meski baru bertugas beberapa minggu di Sumut, dia melihat persoalan narkoba begitu sistematis.

Karenanya, dia mendorong Kapoldasu berani apalagi Sumut sekarang berada di peringkat satu penyalahgunaan narkoba, dan para bandar lebih terang terangan melakukan transaksi narkoba.

“Kalau tidak lagi berkuasa, kapan beliau memberikan yang terbaik bagi generasi emas Sumatera Utara ini, ” pungkas Zainuddin. (cpb)

Teks foto

Anggota DPRD Sumut Zainuddin Purba. Waspada/ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.