Anggota DPRD Sumut Minta Masyarakat Terus Disiplin Prokes

  • Bagikan
ANGGOTA DPRD Sumut Dr H Hariyanto, Lc., MA. Dewan minta masyarakat terus disiplin prokes. Waspada/Ist
ANGGOTA DPRD Sumut Dr H Hariyanto, Lc., MA. Dewan minta masyarakat terus disiplin prokes. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada) Anggota DPRD Sumut Dr H Hariyanto, Lc., MA (foto) meminta masyarakat untuk terus displin mematuhi protokol kesehatan (prokes), karena kepatuhan itu akan menjauhkan kita dari pandemi Covid-19.

“Prokes itu kunci perlindungan diri dari penyebaran Covid-19 sekaligus mencegah penyebaran virusnya dari diri dan ke orang lain,” kata Hariyanto kepada Waspada di Medan, Selasa (19/10).

Anggota dewan dari Fraksi PKS itu merespon terjadinya penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di sejumlah daerah, termasuk Deli Serdang yang sudah berada di level 1, disusul terakhir Sibolga dan Kota Medan yang kini berada di level 2.

Menyikapi itu, Hariyanto mengapresiasi kerja keras semua pihak, mulai dari Gubsu, Bupati hingga Walikota sampai ke stakeholder terkait, yang sudah melakukan upaya maksimal mencegah penyebaran pandemi.

Namun upaya itu diharapkan tidak membuat masyarakat euphoria, kemudian lupa dengan kewajibannya untuk mematuhi prokes, seperti menggunakjan masker, menjaga jaga, menggunakan hand sanitzer.

“Kita berharap masyarakat untuk tidak lengah dan terus menerapkan prokes agar tingkat penularan Covid-19 mengalami penurunan secara berati,” sebutnya.

Ia mengatakan kedisiplinan masyarakat dalam menggunakan masker berperan penting dalam penurunan kasus positif Covid-19. “Intinya kita jangan jeblok lagi, ini sudah pada kondisi baik, harus lebih baik lagi,” ujar anggota Komisi E yang tupoksinya membidangi masalah kesehatan ini.

Berdasarkan laporan dari Satgas Covid-19, tingkat kepatuhan masyarakat ikut mendorong penurunan kasus terkonfirmasi positif pandemi itu. Bahkan hingga hari Selasa tanggal 19 Oktober, tidak ada (nihil) korban yang meninggal akibat pandemi tersebut.

Terkait dengan mulai menggeliarnya kegiatan ekonomi masyarakat sehubungan dengan penurunan level PPKM, Hariyanto merespon positip perkembangan tersebut. “Yang jelas, ini harus kita semangati dengan tetap disiplin, ya termasuk kepatuhan prokes,baik di lingkungan rumah, kantor maupun tempat kita berusaha,” sebutnya.

Untuk memaksimalkan  tingkat  kepatuhan prokes, Haryanto berharap peran serta semua pihak, termasuk  para camat se-Kota Medan untuk terus sosialisasi tentang kepada warganya tentang pentingnya mencegah penyakit membahayakan ini.

Ia menegaskan, meski saat ini ada kelonggaran pembatasan, baik kegiatan sosial maupun ekonomi, kondisi ini diharapkan tidak membuat lemah dan lengah. “Covid-19 masih ada, dan akan menyerang jika lemah dan lengah,” pugkasnya. (cpb)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *