Anggota DPRD Sumut Minta Deli Serdang Fokus Percepatan Vaksin

Anggota DPRD Sumut Minta Deli Serdang Fokus Percepatan Vaksin

  • Bagikan
ANGGOTA DPRD Sumut TImbul Sinaga. Dewan minta Deli Serdang fokus percepatan vaksin. Waspada/Partono Budy
ANGGOTA DPRD Sumut TImbul Sinaga. Dewan minta Deli Serdang fokus percepatan vaksin. Waspada/Partono Budy

MEDAN (Waspada): Anggota DPRD Sumut Timbul Sinaga (foto) meminta Deli Serdang, yang menjadi kabupaten pertama di Sumut masuk kategori level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), untuk fokus dengan program percepatan vaksin.

“Fokuslah dengan program yang sedang dijalankan, termasuk upaya percepatan vaksinasi ke seluruh penerima di 22 kecamatan, ” kata Timbul kepada Waspada, di Medan, Selasa (21/9).

                                             

Anggota dewan dari Fraksi NasDem Dapil III yang meliputi Deli Serdang itu, merespon penurunan pada kasus Covid-19, sehingga kabupaten itu menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1.

Pencapaian itu diraih didasarkan pada hasil asesmen dilihat dari sejumlah indikator, antara lain tingkat kasus terkonfirmasi, tingkat pasien rawat rumah sakit, tingkat kematian, tingkat testing, tingkat tracing, tingkat treatment per tanggal 19 Agustus 2021.

Dari data grafik kasus konfirmasi Deli Serdang berada di level III, yaitu 50-150 kasus, lalu menurun ke level II pada 8 Sepetember 2021 sebanyak 20-50 kasus, menurun lagi ke level I pada 13 September 2021.

Sementara itu untuk pasien rawat inap di rumah sakit, serta kasus kematian pada 19 September 2021 Deli Serdang berada pada level II sebanyak 1-2 kematian, namun pada 13 September 2021 kasus kematian sudah di bawah 1.

Menyikapi itu, Timbul meminta bupati dan stakeholder yang ada di Deli Serdang untuk terus melanjutkan dan fokus, terutama sebaran suntikan vaksin yang harus menjangkau hingga ke pelosok desa.

Update Kebutuhan Vaksin

Menyinggung tentang kunjungan Presiden Jokowi ke Kecamatan Beringin, Deli Serdang pekan lalu terkait program vaksin, Timbul Sinaga berharap rumah sakit, puskesmas dan fasilitas kesehatan meng-update kebutuhan vaksin.

“Sampaikan kalau perlu setiap hari, berapa banyak lagi vaksin yang dibutuhkan, ini harus segera, mengingat pemerintah menargetkan bulan Desember sudah berada di angka di atas 70 persen,” katanya.

Presiden lanjut Timbul, sudah hadir di Deli Serdang, ini jadi simbol semangat bagi kabupaten itu memacu penangulangan Covid-19. “Kemudian perlu diketahui rode model seperti apa yang dilakukan Pemkab Deli Serdang, agar menjadi success story dan diikuti daerah lain,” katanya.

Terkait sosialisasi vaksin, TImbul berharap itu perlu terus dilakukan. “Waktu saya suntik vaksin di Galang Deli Serdang pekan lalu, kita masih dengar kabar ada masyarakat yang masih enggan divaksin, karena kalau positif Covid-19, dia dikucilkan masyarakat. Ini harus terus kita berikan pemahaman agar mereka tidak takut divaksin,” pungkasnya. (cpb)

  • Bagikan