Waspada
Waspada » Aktivitas Warga Di Dua Lingkungan Yang Jalani Isolasi Normal Kembali
Medan

Aktivitas Warga Di Dua Lingkungan Yang Jalani Isolasi Normal Kembali

PETUGAS dari Puskesmas Tanjung Sari bersama aparatur Kecamatan Medan Selayang berjaga terus di lingkungan yang sedang diisolasi saat ini. Aktivitas warga di dua lingkungan yang jalani nsolasi normal kembali. Waspada/ME Ginting
PETUGAS dari Puskesmas Tanjung Sari bersama aparatur Kecamatan Medan Selayang berjaga terus di lingkungan yang sedang diisolasi saat ini. Aktivitas warga di dua lingkungan yang jalani nsolasi normal kembali. Waspada/ME Ginting

MEDAN (Waspada): Aktivitas warga di dua lingkungan yang saat ini sedang menjalani isolasi mulai, Jumat (28/5) malam, tetap normal seperti biasa. Hanya saja warga yang terpapar  Covid-19 yang tidak bisa keluar rumah.

Seperti diketahui, Pemko Medan memberlakukan isolasi lingkungan  karena di dua lingkungan tersebut ditemukan penambahan kasus pasien Covid-19 yang signifikan.

Adapun lingkungan yang menjalani isolasi antara lain lingkungan VII Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor dan lingkungan X, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang.

Pantauan Waspada di lapangan, Minggu (30/5), aktivitas warga di kawasan tersebut tetap normal seperti biasa. Jalan di lingkungan itu juga tidak ada ditutup total sehingga kendaraan roda dua dan empat tetap bebas melintas. Hanya saja ditemukan Posko yang dijaga oleh petugas Puskesmas dan pihak kecamatan.

Camat Medan Johor Zulfakhri Ahmadi ketika dikonfirmasi mengaku aktivitas warga di lingkungan yang saat ini sedang menjalani isolasi tetap normal seperti biasa. Namun, pihaknya tetap berjaga di Posko yang telah dibuat. Isolasi lingkungan ini dilakukan selama sepekan atau 7 hari.

“Kalau siang hari aktivitas warga tetap normal seperti biasa. Pada malam hari baru kita batasi pergerakan mereka. Kalau untuk warga yang terpapar Covid-19 baru kita batasi pergerakannya siang malam. Artinya mereka sama sekali tidak boleh keluar rumah. Makanan mereka kita siapkan mulai pagi sampai malam hari bersama vitaminnya,” kata Zulfakhri.

Zulfakhri mengungkapkan, sampai saat ini kondisi warga yang terpapar Covid-19 sehat-sehat saja. “Sampai saat ini kondisi 14 orang yang terkonfirmasi positif baik. Mereka masuk orang tanpa gejala. Kalau ada bergejala, nanti kita rujuk ke rumah sakit,” katanya.

Tidak Diberi Izin Keluar Rumah

Secara terpisah, Camat Medan Selayang Sutan Tolang Lubis mengatakan, aktivitas warga di lingkungan yang saat ini sedang menjalani isolasi tetap seperti biasa. Warga yang terpapar Covid-19 saja yang benar-benar tidak diberikan izin untuk keluar rumahnya.

“Kalau aktivitas warga di siang hari tetap normal seperti biasa. Yang gak boleh keluar rumah itu warga yang positif Covid-19. Tapi makanan mereka kita berikan tiga kali satu hari yang sudah siap saji bersama vitaminnya. Mereka sama sekali tidak boleh keluar rumah,” katanya.

Meskipun aktivitas warga di lingkungan yang sedang isolasi tersebut normal seperti biasa, kata Sutan, pihaknya tetap memperketat pengawasan protokol kesehatan (Prokes). Warga tetap wajib menggunakan masker dan tidak ada kerumunan di kawasan tersebut.

“Seluruh warga di lingkungan itu kita wajibkan pakai masker dan tidak ada kerumunan. Pada malam hari tidak dibolehkan warga masuk ke lingkungan tersebut. Warga setempat juga tidak bebas keluar masuk mulai pukul 19:00 malam sampai pukul 06:00 pagi,” katanya. (m26)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2