Waspada
Waspada » AGPAII Dukung PPG Berbasis Sekolah
Medan

AGPAII Dukung PPG Berbasis Sekolah

GURU berbasis sekolah. AGPAII dukung PPG berbasis sekolah. Ilustrasi
GURU berbasis sekolah. AGPAII dukung PPG berbasis sekolah. Ilustrasi

MEDAN (Waspada): Ketua PW Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII), Sumut, Ali Nurdin MA, Kamis (28/1) dukung Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Iwan Syahril mengusulkan agar pelaksanaan pendidikan profesi guru (PPG) dalam jabatan dilakukan berbasis sekolah.

“Ya, AGPAII sangat mendukung, bahkan Kemenag juga harus bisa mengadopsi gagasan ini, sebab guru agama juga mengalami hal yang sama,”kata Ali Nurdin.

Disebutkanya, ide dan gagasan yang sangat inovatif dan reformis.  Jika PPG selama ini berjalan sangat tidak efektif dan efisien, belum lagi biaya yang dikeluarkan peserta PPG cukup besar.

Yakni, harus meninggalkan unit kerja (sekolah), sewa kost, biaya hidup, meninggalkan keluarga, dan peserta PPG secara psikologis tidak fokus dan banyak persoalan baru yang muncul.

Sudah semestinya pola dan sistem PPG dirubah dan usul dari dirjen GTK itu sudah sangat tepat. Bahkan ini tidak harus memakan waktu hingga 2040.

“Sudah selayaknya proses PPG itu dipermudah dan tidak berbelit-belit. Apalagi sampai meninggalkan tugas,” paparnya.

Sebelumnya, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Iwan Syahril mengusulkan agar pelaksanaan pendidikan profesi guru (PPG) dalam jabatan dilakukan berbasis sekolah.

“Dengan demikian guru-guru tidak perlu meninggalkan sekolah dan pendidikan PPG dalam jabatan bisa fokus pada solusi permasalahan yang dihadapi guru. Sehingga pembelajaran menjadi lebih relevan,” ujar

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Iwan Syahril dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR secara daring yang dipantau di Jakarta.(m22)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2