Afif Dorong Wali Kota Segera Terbitkan Perwal Pengelolaan Sampah

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Anggota DPRD Medan Afif Abdillah mendorong Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam hal ini Wali Kota Medan agar segera mengeluarkan Peraturan Walikota (Perwal) atas Peraturan Daerah (Perda) No.6 tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah. Hal ini agar Perda tersebut ada kekuatan hukum sebagai petunjuk teknis (Juknis) dalam pelaksanaannya.

Hal ini dikatakannya saat melaksanakan Sosialisasi Perda No.6 tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah di Jalan Tuar, Kelurahan Amplas, Kecamatan Medan Amplas, Minggu (21/11).

“Perda tentang sampah ini sudah ada dari tahun 2015. Untuk itu kami mendorong Wali Kota Medan cepat mengeluarkan Perwalnya agar Perda sampah tersebut bisa dilaksanakan,” cetus Afif yang juga anggota Komisi II DPRD Medan ini.

Dikatakan Afif, bila Perwal dikeluarkan, nantinya di Kota Medan akan ada profesi baru, yakni, kibus. Kenapa? Sebab, bila warga melihat warga lainnya membuang sampah sembarangan, lalu dilaporkan, makan yang membuang sampah akan dikenakan denda sebesar Rp1 juta. “Jika lima kali dia melaporkan warga membuang sampah sembarangan, maka pendapatannya sudah Rp5 juta. Ini bisa jadi profesi baru,” ujar Afif yang juga Ketua DPD Partai NasDem Kota Medan ini.

Dikesempatan itu, Afif juga menegaskan bahwa kebersihan Kota Medan merupakan masalah semua warga Kota Medan. Terbukti, bila hujan deras, beberapa kawasan di Kota Medan, khususnya di Dapil IV juga dilanda banjir sampai selutut bahkan sepinggang. Ini disebabkan pembangunan drainase yang tidak sesuai dan sampah yang banyak dibuang ke drainase.

“Perbaikan drainase kita tidak akan bisa baik kecuali diiringi kebersihan dari masyarakat. Bersih itu penting. Kenapa ? Kalau kita tidak membuang sampah sembarangan Insyaa Allah drainase kita pasti akan lebih bersih dan lebih gampang air mengalir dan tidak akan kebanjiran,” jelasnya. (h01)

Teks
Anggota DPRD Medan Afif Abdillah saat menyosialisasikan Perda No.6 tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah. Waspada/ist

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *