Waspada
Waspada » Afif Abdillah Minta Perangkat Kelurahan Harus Pro Aktif Maksimalkan DTKS
Medan

Afif Abdillah Minta Perangkat Kelurahan Harus Pro Aktif Maksimalkan DTKS

ANGGOTA DPRD Kota Medan, Afif Abdillah, SE saat melakukan Reses Masa Sidang III Tahun Kedua Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I Lapangan Barasokai, Kecamatan Medan Area, Senin (10/5). Waspada/Yuni Naibaho
ANGGOTA DPRD Kota Medan, Afif Abdillah, SE saat melakukan Reses Masa Sidang III Tahun Kedua Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I Lapangan Barasokai, Kecamatan Medan Area, Senin (10/5). Waspada/Yuni Naibaho

MEDAN (Waspada): Anggota DPRD Kota Medan, Afif Abdillah, SE meminta kepada perangkat kelurahan di Kota Medan untuk pro aktif dalam pendataan warga miskin, khususnya Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Saat ini, pemerintah pusat telah memiliki program bantuan baru yang dimasukkan ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS. Jadi, semua bentuk bantuan sosial, datanya akan diambil dari DTKS. Makanya, perangkat kelurahan harus pro aktif mendata warga miskin,” ujarnya saat melakukan Reses Masa Sidang III Tahun Kedua Jalan Rahmadsyah, Kota Matsum I Lapangan Barasokai, Kecamatan Medan Area, Senin (10/5).

Dikatakan Afif, dari pendataan itu nantinya akan membantu Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam memberi pelayanan gratis BPJS untuk seluruh masyarakat Kota Medan.

“Setiap hari kita mendapatkan informasi banyak masyarakat takut berobat ke rumah sakit karena terkendala biayanya. Jadi kita sambut positif program Wali Kota Medan yang akan memberi pelayanan BPJS gratis ke masyarakat Kota Medan. Karena saya punya pemikiran kalau warga Medan sehat, maka semua akan tenanh untuk bekerja,” ucapnya.

Ketua DPD Partai NasDem Kota Medan ini, sudah saatnya Pemko Medan mewujudkan pencapaian Universal Health Coverage (UHC) atau Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan, agar seluruh warga Kota Medan tercover kesehatannya.

Sedangkan untuk permasalahan banjir dan sampah, dikatakan Anggota Komisi 2 DPRD Medan ini, diharapkan dibawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution akan segera diatasi secara bertahap.

Afif juga mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan ditengah pandemi Covid-19, karena saat ini Rumah Sakit sudah penuh dengan pasien Covid-19.

“Kita khawatir usai lebaran ini ruang perawatan rumah sakit akan penuh pasien Covid-19. Jadi larangan pemerintah untuk tidak mudik di lebaran ini ada dasarnya, guba mencegah penyebaran Covid-19,” ucapnya.

Sebelumnya, dalam kesempatan itu Ida, warga Lingkungan 24 Kelurahan Kota Matsum menanyakan, ktiteria mendapatkan bantuan dari pemerintah termasuk untuk UMKM karena selama ini tidak ada informasi dari pihak kelurahan khususnya Kepala Lingkungan (Kepling).

Dedy Syahputra, warga Jalan Rahmadsyah meminta Pemko menyiapkan sarana dan prasarana pembuangan sampah.

Menanggapi berbagai p3rtanyaan warga, Camat Kecamatan Medan Area Hendra Asmilan, meminta masyarakat juga untuk pro aktif dalam menberi datanya dalam pendataan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Karena semua bantuan dari pemerintah akan berdasarkan DTKS.

“Bila tidak terdata, maka warga bisa melaporkannya kepada perangkat kelurahan. Soalnya, bila tak terdaftar di DTKS, maka warga miskin itu tak akan mendapatkan bantuan sosial, baik dari pemerintah daerah, maupun dari pemerintah pusat. (h01)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2