9 Tim Kewirausahaan UMSU "Berlaga" Di Kompetisi Nasional

9 Tim Kewirausahaan UMSU “Berlaga” Di Kompetisi Nasional

  • Bagikan
REKTOR UMSU, Dr Agussani bersama tim kewirausahaan UMSU. Waspada/ist
REKTOR UMSU, Dr Agussani bersama tim kewirausahaan UMSU. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Sebanyak sembian tim kewirausahan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) siap ‘bertarung pada even Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI)-2020 Expo di Jakarta.

Pelepasan Tim Kewirausahaan UMSU dilakukan Sekertaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah Sumut, Dr Mahriyuni M Hum di aula Kampus Utama UMSU di Jalan Kapten Muhtar Basri, Medan, Kamis (3/12).

Acara yang ditandai dengan ekspo produk usaha mahasiswa UMSU ini dihadiri Rektor UMSU Dr. Agussani MAP, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Dr. Muhammad Haykal Amal, Wakil Rektor III, Dr Rudianto, MSi dan pejabat di lingkungan UMSU.

Sekretaris L2 Dikti Wilayah I Sumut Dr Mahriyuni MHum dalam sambutanya menyampaikan apresiasi atas kemajuan yang diraih oleh UMSU sebagai PTS terbaik di Sumatera.

Diungkapkannya, keberadaan UMSU sangat membanggakan dunia pendidikan tinggi di Sumatera Utara.

“Prestasi yang ditorehkan UMSU selama ini sangat membanggakan kita. Mudah-mudahan apa yang dicapai UMSU ini bisa jadi inspirasi bagi perguruan tinggi lainnya di Sumatera Utara,” ujar Mahriyuni.

Ia juga mengungkapkan kebahagiaannya atas prestasi mahasiswa-mahasiswa UMSU yang berhasil lolos mengikuti KMI Expo 2020.

Menurutnya, ini memperkuat bukti bahwa kualitas pengelolaan pendidikan di UMSU itu berjalan dengan baik, unggul, berkualitas dan layak dibanggakan.

Apresiasi

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumut Dr Ridho Haikal Amal dalam sambutannya mengapresiasi pengembangan UMKM di UMSU sebagai salah satu P erguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM).

Menurutnya pengembangan UMKM di UMSU memiliki ciri khas yang membedakannya dengan universitas lain, yakni adanya solidaritas sosial yang menonjol.

Terkait hal ini, Haikal menuturkan konsep community development atau spirit ashobiyah inilah yang diterapkan pihaknya dalam upaya stimulus ekonomi di Sumut.

“Artinya, kita ingin kebangkitan ekonomi daerah itu muncul dari fakta sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat. Begitu juga kiranya yang berlaku di UMSU, kebangkitan inovasi itu lahir dari mahasiswa-mahasiswanya yang bergerak, kemudian bersinergi dengan seluruh pihak yang menjadi bagian civitas akademi,” ungkapnya.

Sementara Rektor UMSU Dr. Agussani MAP menjelaskan, sebagai Kampus dengan akreditasi A menjadikan perhelatan KMI-2020 sebagai ajang untuk mengasah kemampuan softskill mahasiswa berbasis kewirausahaan  berbudaya Indonesia yang berkualitas. Rektorat sangat memberi perhatian dan apresiasi atas hasil yang dicapai oleh Puskibi selama ini.

Untuk  itu, Rektor berjanji akan menyediakan fasilitas Gerai Puskibi untuk menjadi arena promosi dan pemasaran hasil kreatifitas mahasiswa, alumni dan dosen UMSU.

Munculkan Potensi

Sedangkan Wakil Rektor III Dr. Rudianto yang memandu kegiatan pelepasan sembilan tim UMSU ke KMI Expo tahun 2020, mengatakan,  “Kegiatan ini bertujuan memaksimalkan dan memunculkan potensi yang dimiliki para mahasiswa Indonesia dalam menyongsong masa depan yang cerah melalui dunia wirausaha.”

Lebih lanjut Rudianto mengatakan, Tahun 2020 ini, KMI Expo memasuki tahun kesebelas penyelenggaraannya dengan Universitas Agung Podomoro Jakarta dipercaya sebagai tuan rumah.

“Pada tahun ini UMSU mengirim sejumlah proposal, dan Alhamdulillah Sembilan kelompok berhasil lolos.

Kesembialn kelompok itu akan mengikuti beberapa cabang yang akan dinilai dan bahkan sebagian sudah melakukan presentasi secara nasional beberapa waktu yang lalu,” tuturnya.

Kesembilan Tim UMSU yang akan bersaing dengan universitas lainya dari seluruh Indonesia itu adalah Alfazza Drink, Queennacollection, Global Accountant, Siska Galery, Kost Art, Arimbi Hijab, Rein Dimsum, Akmal Water dan Crot-De.

Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo berlangsung di Kampus Universitas Agung Podomoro, Jakarta, 3-5 Desember 2020. Kompetisi ajang kewirausahaan antar mahasiswa diikuti tim perguruan tinggi dari seluruh Indonesia yang lolos seleksi nasional. Ajang ini diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kemendikbud.

KIM XI/2020 mengambil tema ” Connecting Opportunities” atau Menghubungkan Peluang Merujuk Makna. Expo ini juga menjadi ajang untuk perturan ide dan kreatifitas antar mahasiswa.

Pelaksanaan Expo KMI-XI 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 4-5 Desember 2020 dengan tuan rumah Universitas Agung Podomoro yang akan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Hopin. (m19)

  • Bagikan