7.343 Maba Unimed Ikuti PAMB

7.343 Maba Unimed Ikuti PAMB

  • Bagikan
Rektor Unimed, Dr Syamsul Gultom saat membuka Kegiatan PAMB secara daring. Waspada/ist
Rektor Unimed, Dr Syamsul Gultom saat membuka Kegiatan PAMB secara daring. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Sebanyak 7.343 mahasiswa baru Universitas Negeri Medan (Unimed) mengikuti Pembekalan Awal Mahasiswa Baru (PAMB) digelar secara daring, Kamis (12/8). Kegiatan ini, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Rektor Unimed, Dr Syamsul Gultom menjelaskan bahwa peminat dan yang diterima sebagai mahasiswa baru Unimed tahun 2021 ini naik dan meningkat bila dibandingkan tahun 2020 yang lalu. Peminat yang ingin kuliah di Kampus Unimed capai 56.524 orang pada tahun ini.

“Namun yang lulus dan diterima melalui tiga jalur ada 7.343 orang, dengan rincian Jalur SNMPTN : 1426, Jalur SBMPTN : 3522, dan Jalur Mandiri : 2395,” ucap Syamsul kepada wartawan.

Syamsul mengungkap tujuan penting dari kegiatan PAMB ini bagi mahasiswa baru adalah memberikan pemahaman tentang sistem pembelajaran di perguruan tinggi, dan materi tentang hal ini akan disampaikan oleh Ketua Senat Unimed Bpk. Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd.

“Selain itu, kita akan memperkenalkan seluruh pimpinan, senat dan fungsionaris di lingkungan Unimed,” kata Syamsul.

Kemudian, akan dipaparkan juga tugas pokok dan fungsi dari masing-masing Wakil Rektor, dan sistem akademik dan sistem informasi agar setelah para mahasiswa baru ini nanti kuliah sudah ada pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana pola perkuliahan di kampus Unimed.

“Kita Unimed akan mengikuti semua keputusan Mendikbudristek tentang bagaimana sistem perkuliahan semester ganjil 2021/2022. Sampai saat ini, karena pandemi Covid-19 belum berakhir, petunjuk dari kementerian tentang sistem perkuliahan di semester ganjil 2020/2021 masih akan kita laksanakan secara full daring,” sebut rektor.

SIPDA Unimed

Ia mengatakan untuk semester ganjil ini, pihak Unimed masih secara full daring melalui LMS yang sudah kita persiapkan, yakni Sistem Pembelajaran Daring yang dikenal SIPDA Unimed.

“Saya selaku Rektor sangat berharap agar seluruh mahasiswa baru Unimed tahun 2021 ini, Pertama; ikutilah seluruh rangkaian kegiatan PAMB ini dari tingkat universitas, fakultas dan program studi, karena akan menerima penjelasan terbaik tentang perkuliahan, sistem akademi, kegiatan kemahasiswaan dan kegiatan lainnya, yang tentu harus ketahui segera oleh mahasiswa baru agar tidak menjadi penghambat perkuliahan nantinya,” sebutnya

Kedua, rektor menjelaskan seluruh mahasiswa baru harus meluruskan niat, mindset dan komitmen untuk sungguh-sungguh, giat belajar dan meninggalkan aktivitas yang tidak mendukung perkuliahan.

“Rancang lah, perkuliahan di Unimed ini dengan baik dan maksimal, agar seluruh mahasiswa baru ini dalam perkuliahan nanti memiliki prestasi akademik dan non akademik secara baik, sehingga bisa tamat tepat waktu 4 tahun bagi program S1 dan 3 tahun bagi program D3,” tutur Syamsul.

Ketiga, ia mengatakan semua mahasiswa baru kita harapkan selama kuliah di Unimed dapat terus mengejar prestasi di tingkat regional, nasional dan internasional. Di Unimed ada wadah dalam pengembangan minat dan bakat mahasiswa.

“Saudara semua mahasiwa baru Unimed akan didorong dan difasilitasi untuk mengejar prestasi cemerlang tersebut,” pungkasnya.(m19)

 

 

  • Bagikan