Waspada
Waspada » 52 ASN Pemko Tes Psikologi
Medan

52 ASN Pemko Tes Psikologi

PLT WALI Kota Medan Akhyar Nasution ketika meninjau ASN yang mengikuti tes psikologi. Sebanyak 53 ASN ikuti tes psikologis untuk isi 5 jabatan eselon II. Waspada/ME Ginting
PLT WALI Kota Medan Akhyar Nasution ketika meninjau ASN yang mengikuti tes psikologi. Sebanyak 53 ASN ikuti tes psikologis untuk isi 5 jabatan eselon II. Waspada/ME Ginting

MEDAN (Waspada): Sebanyak 52 Aparatur Sipil Negara atau ASN pejabat eselon III di lingkungan Pemko Medan mengikuti tes psikologi dalam rangka seleksi jabatan pimpinan tinggi (JPT), yang dilaksanakan di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara (USU), Senin (20/7).

Sebanyak 52 ASN Pemko yang mengikuti tes psikologi ini merupakan tahapan ke II dari seluruh rangkaian ujian seleksi, yang harus dijalani abdi negara itu.

Nantinya mereka akan mengisi 5 jabatan tinggi di lingkungan Pemko Medan.

Adapun kelima jabatan yang bakal diisi, yakni Asisten Pemerintahan dan Sosial Sekretariat Daerah Kota Medan, Sekretaris DPRD Medan.

Kemudian, Kepala Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Serta Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Medan.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution yang meninjau langsung pelaksanaan mengatakan assessment ini menjadi ukuran bagi calon pejabat yang akan menduduki posisi eselon II dalam menjalani tugas yang akan diberikan.

Untuk itu para peserta Ujian Assessment agar dapat mengikuti tahapan ini dengan baik dan kedepankan nilai kejujuran.

“Dalam assessment ini saya tidak ada pesan khusus kepada siapapun, agar ada nilai kejujuran di antara kita,” katanya.

Artinya, tidak ada arahan ataupun titipan kepada siapapun, sehingga melalui assessment ini yang muncul adalah kepribadian sendiri.

“Untuk itu jangan percaya ada arahan ini-ini,” kata Akhyar didampingi Sekda Kota Medan Wiriya Al Rahman yang juga sebagai Ketua Panitia Seleksi (Pansel).

Selanjutnya Akhyar juga meminta kepada Pansel dan USU agar memastikan seleksi ini dilakukan secara objektif.

Kemampuan Calon

Ia menginginkan seleksi ini benar-benar memberikan gambaran terhadap kemampuan calon pejabat baik dari segi kemampuan teknis maupun kemampuan psikologisnya.

“Saya minta kepada Pansel dan USU agar tes ini dilakukan secara objektif. Sebab proses ini merupakan kesempatan kepada semua pejabat aparatur Pemko Medan yang ingin dapat jabatan tinggi pratama.

Oleh karenanya digelar secara terbuka dan tampilkanlah kemampuan diri masing-masing,” kata Akhyar.

Kepada para peserta test psikologi, Akhyar juga berpesan agar tetap percaya akan kemampuan diri sendiri.

Mantan anggota DPRD Medan ini percaya yang mengikuti seleksi ini adalah ASN-ASN yang telah mampu mengukur dirinya dan mampu memprediksi apa saja yang akan dihadapinya ketika menjabat kelima jabatan tinggi tersebut.

“Kita akan membuat seleksi ini fair, kita akan bangun budaya-budaya jujur, siapkan diri saudara-saudara sekalian,” katanya.

Dia meminta siapkan stamina karena seleksi ini akan memakan waktu 1 hari penuh dan tetaplah percaya diri.

“Insya Allah tidak ada hasil yang mengkhianati usaha,” pesan Akhyar memberikan semangat kepada para peserta,” katanya.

Tahap Ketiga

Sementara itu Ketua Pansel Sekda Kota Medan Wiriya Al Rahman menjelaskan seluruh Peserta setelah mengikuti ujian assessment tahap kedua ini akan melanjutkan tahap ketiga.

Yaitu wawancara dan presentasi makalah dengan panitia seleksi (pansel).

Sekda juga kembali menegaskan bahwa seluruh rangkaian seleksi akan dijalankan secara objektif hingga nantinya menghasilkan 3 besar pada setiap jabatan.

Pada tahap akhir ini merupakan hak prerogatif Plt Wali Kota Medan dalam menentukan siapa yang akan menempati jabatan-jabatan tersebut.

Setelah tahapan demi tahapan dilalui,  pansel akan merekomendasikan 3 nama untuk masing-masing jabatan kepada Plt Wali Kota Medan.

Ini akan menjadi hak prerogatif Plt Wali Kota untuk ketiga nama tersebut.

Selain itu nama-nama yang direkomendasikan juga akan diteruskan ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara),” jelasnya. (m26)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2