462 Peserta Akan Berlomba Di Ajang STQH Ke-17 Tingkat Provinsi Sumut

462 Peserta Akan Berlomba Di Ajang STQH Ke-17 Tingkat Provinsi Sumut

  • Bagikan
KETUA Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumut H Asren Nasution saat menjelaskan pelaksanaan STQH ke 17 kepada media. Sebanyak 462 peserta akan berlomba di ajang STQH ke-17 tingkat Provinsi Sumut. Waspada/ist
KETUA Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumut H Asren Nasution saat menjelaskan pelaksanaan STQH ke 17 kepada media. Sebanyak 462 peserta akan berlomba di ajang STQH ke-17 tingkat Provinsi Sumut. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Sebanyak 462 peserta, dari 32 kabupaten/kota di Sumatera Utara, akan berlomba di ajang Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) ke-17 tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan digelar dengan mengedepankan Protokol Kesehatan (Prokes) sejak Kamis 27 Mei – 2 Juni 2021. Perlombaan sebanyak 10 cabang akan ujikan kepada peserta dari kabupaten kota.

Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumut H Asren Nasution, Rabu (26/5) menyampaikan bahwa berdasarkan SK tentang Panitia Teknis Pelaksanaan STQH Sumut tahun 2021, mengambil tema ‘Alquran dan Hadits Sumber Inspirasi Pembangunan Masyarakat Bermartabat’.

“Tema ini untuk memberikan semangat dan dukungan dalam mengimplementasikan nilai-nilai Alquran dan Hadits,” ujar Asren saat memberikan keterangan Pers di Aula Cemara Kantor BPSDM Sumut.
Disebutkan tempat pelaksanaan STQH 2021 di Komplek Kantor BPSDM Sumut Jl. Ngalengko Nomor 1 Medan.

“Pelaksanaannya mengedepankan Protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Diharapkan nanti Pak Gubernur yang langsung membuka STQH 2021. Rencana pembukaan pada Jumat 28 Mei 2021 di Aula Tengku Rizal Nurdin,” sebut Asren, yang juga Kepala BPSDM Sumut .

Terbatas

Dia menambahkan, pelaksanaan STQH dilakukan terbatas. Adapun pihak yang bisa masuk dan berada di lokasi seleksi hanya panitia, dewan hakim serta kafilah bersama peserta.

“Kita tidak mengundang publik secara umum. Tetapi regulasi tetap berjalan. Jadi tidak disediakan tempat untuk penonton. Makanya kita pakai siaran langsung YouTube agar tidak ada kerumunan,” jelasnya, didampingi Ketua Harian LPTQ Sumut Ikhwan Lubis dan Ketua Pelaksana STQH Palit Muda Harahap.

Disebutkannya, cabang yang diperlombakan yakni Tilawah Anak-anak, Tilawah Dewasa, Hifzil Quran 1 Juz dan Tilawah, 5 Juz dan Tilawah, Hifzhil Quran 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz, Tafsir Quran Bahasa Arab, 100 Hadits Nabi Dengan Sanad serta 500 Hadits Nabi Tanpa Sanad.

“Peserta yang mendaftar sudah ada 462 peserta dari 32 kabupaten/kota. Kita masih menunggu peserta dari Nias (induk),” sebutnya.

Pihaknya berharap dari STQH kali ini, melahirkan 20 putra putri terbaik yang akan mewakili Sumut di tingkat nasional yang akan digelar di Kota Ternate, Maluku Utara pada tahun ini.

“Kita berharap pandemi Covid-19 yang membatasi adanya kerumunan, tidak mengurangi kualitas dari proses seleksi ini,” pungkas Asren.

Sementara Ketua Harian LPTQ Sumut Ikhwan Lubis menyebutkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dalam hal antisipasi dan penanganan di masa pandemi.

Pemeriksaan Swab Antigen

Senada dengan itu, Ketua Pelaksana STQH XVII Sumut 2021, Palit Muda Harahap menyampaikan bahwa bagi peserta diharuskan melakukan pemeriksaan swab antigen di daerah masing-masing sebelum bertolak ke Kota Medan.

Jika dinyatakan positif, maka tidak diperkenankan mengikuti seleksi, dengan catatan digantikan oleh peserta lain dari daerahnya.

Sedangkan sebagai langkah penegasan terkait kepesertaan, seluruh peserta perempuan diharuskan melepaskan cadar di depan dewan hakim yang telah ditunjuk pada ruangan khusus. Hal itu guna memastikan kesesuaian data.

“Ada ruang khusus, untuk memastikan bahwa benar peserta itu yang ikut mendaftar, bukan orang lain. Begitu juga untuk antisipasi Covid-19, setiap peserta menggunakan satu sarung mikropon yang diganti dan disemprot,” tegasnya.

Pihaknya berharap seluruh masyarakat tetap antusias menyaksikan STQH meskipun melalui siaran langsung YouTube. Tetapi proses seleksi tetap berjalan sebagaimana mestinya. (m22)

  • Bagikan