Waspada
Waspada » 3.865 Pemudik Nataru Tiba Di Pelabuhan Belawan
Medan

3.865 Pemudik Nataru Tiba Di Pelabuhan Belawan

Para pemudik terlihat turun dari KM Kelud pada puncak mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan, Senin (30/12).Waspada/Andi Aria Tirtayasa
Para pemudik terlihat turun dari KM Kelud pada puncak mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan, Senin (30/12).Waspada/Andi Aria Tirtayasa
Pemudik yang menumpang KM Kelud tersebut tampak memadati Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan.
Para penumpang tersebut umumnya akan melaksanakan perayaan Tahun Baru 2020 di berbagai kabupaten/kota di Sumatera Utara.
Pantauan Waspada, Senin (30/12) di Terminal Terpadu Bandar Deli Pelabuhan Belawan, KM Kelud datang lebih awal dari jadwal yang ditentukan. Setelah ditarik dari Lampu I Pelabuhan Belawan, KM Kelud selanjutnya dipandu oleg tug-boat merapat ke dermaga Terminal Penumpang Bandar Deli.
Para pemudik terlihat turun dengan tertib dari KM Kelud. Tak terlihat adanya pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak Bea Cukai terhadap bawaan para penumpang.
Sebelum keluar dari terminal, para penumpang terlihat memanfaatkan pengangkutan 5 unit bus umum gratis yang disediakan oleh Pelindo I Medan.
Pelindo Membantu Pemudik
Para penumpang KM Kelud tersebut akan diantar dengan menggunakan 6 bus angkutan umum gratis menuju Terminal Terpadu Amplas dan Terminal Terpadu Pinang Baris.
Seorang pemudik bernama Ricky, 30, mengaku senang dengan pelayanan yang diberikan oleh Pelindo I yang menyediakan 6 unit bus angkutan gratis untuk para pemudik karena dirinya tidak sibuk lagi mencari bus angkutan kota yang akan membawanya ke Terminal Terpadu Amplas.
“Hari ini kami agak nyaman karena pihak Pelindo I menyediakan bus gratis yang mengantarkan pemudik ke Terminal Amplas,” ujar Ricky yang akan melanjutkan perjalanannya dari Terminal Terpadu Amplas menuju kampung halamannya di Pematangsiantar.
Sementara itu, Kepala Cabang Pelni Medan Lutfi Israr menyebutkan, jumlah penumpang KM Kelud yang mudik ke Sumatera Utara pada puncak perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 mencapai 3865 orang dan sedikit mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya.
“Setiap tahunnya penumpang KM Kelud yang mudik melalui Terminal Penumpang Bandar Deli mengalami kenaikan yang signifikan sehingga Pelni Cabang Medan sudah mengantisipasi adanya kelonjakan penumpang setiap tahunnya,” ujar Lutfi.
Selain penumpang arus mudik, sebaliknya para penumpang KM Kelud yang bertolak dari Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan menuju Batam-Kijang dan Tanjungpriok juga melonjak bila dibandingkan tahun sebelumnya.
“Penumpang dari Terminal Penumpang Bandar Deli yang berangkat pada puncak arus mudik Tahun Baru 2020 berjumlah 3200 orang dengan tujuan utama Batam, Kijang dan Tanjungpriok,” jelas Lutfi. (h04)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2