29.999 Guru Ikuti Seleksi Akademik PPG Daljab 2022 Di Unimed

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Universitas Negeri Medan (Unimed) tahun 2022 ini diberi amanah Ditjen GTK Kemdikbudristek melaksanakan seleksi akademik bagi pendaftar Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) yang sudah mendaftar melalui aplikasi yang disiapkan panitia pusat.

Pada tahun-tahun sebelumnya, seleksi akademik ini dilaksanakan terpusat oleh panitia pusat. Namun pada tahun 2022 ini, seleksi akademik PPG Daljab dilaksanakan di 12 LPTK di Indonesia, yakni : UNIMED, UNP, UNJ, UPI, UNY, UM, UNNES, UNESA, UNM, UNDIKSHA, UNG, DAN UNS.

Peserta yang mengikuti seleksi akademik PPG Daljab di Unimed ada 29.999 orang guru yang berasal dari seluruh Indonesia.

Pelaksanaan seleksi akademik PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 berbasis domisili pada 9 – 24 April 2022 dengan 5 Periode pelaksanaan, yang diadakan secara virtual.

Peserta seleksi akademik PPG Daljab merupakan guru-guru dari seluruh daerah di Indonesia.

Proses ujian seleksi ini dilaksanakan di lokasi domisili masing-masing peserta dan wajib menyediakan laptop, jaringan internet yang stabil dan handphone yang bisa digunakan untuk mendukung aplikasi zoom untuk pengawasan proses, sehingga proses ujian dapat dipastikan berlangsung dengan objektif dan lancar.

Sebanyak 150 Komputer yang digunakan oleh panitia untuk mengawasi proses tes akademik, adapun dilakukan di Lab. Komputer UPT TIK, FBS dan FIK Unimed.

Seleksi Akademik ini diikuti 29.999 peserta dengan 20 sesi ujian. Ada sebanyak 150 pengawas dan penanggung jawab pengawas 20 orang.

Dalam sehari dilakukan dengan jadwal 2 sesi ujian, tiap pengawas memantau 20 orang peserta/sesi ujian.

Dalam laporannya, Ketua Penyelenggara Seleksi Akademik PPG Daljab Unimed Dr. Abil Mansyur, M.Si. mengatakan “Pelaksanaan seleksi akademik PPG Daljab Tahun 2022 dilaksanakan dengan 5 periode, mulai 9 – 24 April 2022.

Tahapan pelaksanaannya di antaranya instalasi aplikasi seleksi akademik secara mandiri yang dapat diunduh pada laman ppg.kemdikbud.go.id, cetak kartu peserta seleksi akademik melalui akun SIMPKB masing-masing, koordinasi peserta dengan pengawas (melalui grup whatsapp), uji coba aplikasi oleh peserta dan pelaksanaan seleksi akademik.

Sebanyak 29.999 orang mengikuti ujian berbasis domisili masing-masing, dengan menggunakan laptop dan handphone sendiri dengan didukung internet, sementara untuk para pengawas kita siapkan 150 Komputer yang berintegrasi dengan internet, di UPT TIK, FBS dan FIK Unimed.”

Mewakili Rektor, Wakil Rektor I Unimed Dr. Restu, M.S. mengapresiasi
semangat dan loyalitas para panitia, penanggungjwab pengawas dan pegawas yang bertugas meskipun saat berpuasa.

Alhamdulillah pelaksanaan seleksi akademik PPG Daljab masing-masing periode di Unimed berjalan lancar dan tidak mengalami kendala yang berarti. Bentuk kesiapan panitia juga sangat baik, mulai dari persiapan, pelaksanaan dan juga laporan evaluasi tiap sesi.

Pengalaman Unimed dalam menyelenggarakan seleksi berbasis komputer, baik tes UKIN PPG, tes CPNS, UTBK SBMPTN, CBT Seleksi Mandiri menjadikan proses ujian dapat dipastikan berlangsung dengan objektif dan lancar. Kita harapkan Seleksi Akademik PPG Daljab ini dapat menyaring calon peserta PPG Daljab angkatan tahun 2022.

Sehingga dalam proses kuliah nanti akan mendukung pemerintah dalam memajukan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia.

Semua peserta PPG nantinya akan menjadi guru profesional yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional agar dapat mensukseskan semua aktivitas pembelajaran yang dilakukan di kelas, serta mampu melahirkan generasi emas untuk Indonesia Maju. (m19)


Waspada/ist
Wakil Rektor I Unimed Dr. Restu, M.S.didampingi Ketua Penyelenggara Seleksi Akademik PPG Daljab Unimed Dr. Abil Mansyur, M.Si. saat rapat evaluasi pelaksanaan PPG.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.