284 Lulusan Ikuti Yudisium FASIH UIN Sumut

284 Lulusan Ikuti Yudisium FASIH UIN Sumut

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (FASIH) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) menggelar Yudisium Sarjana XX dan Magister IV 2021 diikuti 284 mahasiswa di Hotel Wing Kualanamu, Deliserdang, Selasa (16/11).

Acara juga dirangkai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan FASIH UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau.

Ketua panitia pelaksana yudisium, Dr Irwansyah, SHI, MH menyampaikan, yudisium mengambil tema ‘Mewujudkan alumni berwawasan moderasi beragama berlandaskan akhlakul karimah’ dimaksudkan setiap lulusan fakultas tersebut mampu menjadi duta moderasi beragama di tengah masyarakat.

Yudisium ini diikuti 284 lulusan yang berasal dari enam program studi.

Dia merincikan, Prodi Hukum Ekonomi Syariah sebanyak 70 lulusan, Hukum Pidana Islam 40, Hukum Tata Negara (siyasah) 94, Hukum Keluarga Islam (ahwal syakhshiyah) 60, Perbandingan Mazhab 20 lulusan dan ditambah Program Magister Hukum Keluarga Islam tiga lulusan.

Apresiasi

Dekan FASIH UIN Sumut Dr Ardiansyah, Lc, MAg mengapresiasi pelaksanaan yudisium secara luring di masa pandemi ini dengan penerapan protokol kesehatan.

Yudisium yang dirangkai dengan penandatanganan nota kesepahaman tersebut antara FASIH UIN Sumut dengan FASIH UIN Suska Riau, kata dia, dimaksudkan sebagai wahana untuk mengembangkan dan memaksimalkan Tri Dharma perguruan tinggi yakni dalam bidang pendidikan atau pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Ratusan lulusan fakultas tersebut, jelasnya merupakan persembahan untuk bangsa, negara dan agama.

Diharapkan lulusan menjadi duta moderasi beragama di masyarakat. Moderasi yang sesuai dengan makna dari ayat Al-Baqarah : 143 yang menjelaskan tengan Islam yang wasathiyah atau nilai keislaman dengan nilai tengah atau keseimbangan.

“Hadirnya umat Islam dengan pendekatan wasathiyah yakni Islam yang moderat, tidak ke kanan-kananan dan tidak ke kiri-kirian. Sesuai tema, diharapkan alumni menjadi tokoh, pemimpin bangsa dan menjadi orang yang berguna untuk bangsa, negara dan agama yang paling penting,” tandasnya.

Dr Ardiansyah, Lc, MAg berharap, agar lulusan meneruskan cita-cita, salah satunya dengan meneruskan jenjang pendidikan akademik lebih tinggi.

Wisudawan Malaysia Dan Thailand

Hal lain disampaikannya,pada yudisium itu, mewisuda dan melantik empat mahasiswa asal Malaysia dan dua dari Thailand.

Sebagai mahasiswa dengan IPK terbaik dan nyaris sempurna yakni 3,97 dari fakultas tersebut, ialah mahasiswi prodi hukum tata negara Islam, Tika Puspita Sari, SH. “Semoga anak-anak kami menjadi generasi harapan umat,” ujarnya.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi diwakili Pelaksana tugas (Plt) Kepala Bappeda Sumut, Dr Hasmirizal Lubis, MSi menyampaikan, lulusan harus bersyukur dan berterima kasih kepada pihak yang mengatarkan kepada pintu kesarjanaan. Yaitu berterima kasih kepada para orangtua yang berupaya untuk anak-anak yang dicintai.

Menurutnya, menilik perkembangan UIN Sumut sebagai pusat pembelajaran ekonomi syariah, ia menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Sumut lebih baik dari nasional dengan 3,67 persen.

Paling banyak diisi dari sektor jasa keuangan, teknologi informasi, perdagangan dan lainnya.

Termasuk peran ekonomi Islam dalam pertumbuhan ekonomi dengan pendekatan gaya hidup halal hingga penerapan nilai keadilan dan gotong royong di dalam ekonomi syariah.

Selain berkontribusi bagi perekonomian, ekonomi syariah juga diyakini bermanfaat bagi umat. Ia optimis pengembangan ekonomi syariah melalui para lulusan tersebut.

Kegiatan MoU

Bersamaan dengan acara yudisium, juga digelar penandatanganan MoU dari dua fakultas tersebut.

Dipimpin Dekan FASIH UIN Sumut Dr. Ardiansyah dan Dekan FASIH UIN Suska Riau Dr Zulkifli, MAg didampingi pejabat jajaran. Hadir dalam acara segenap civitas dan keluarga besar dari fakultas tersebut. Acara dilanjutkan dengan prosesi pelantikan setiap lulusan.(m22/A)

Waspada/ist
Dekan FASIH UIN Sumut Dr. Ardiansyah dan Dekan FASIH UIN Suska Riau Dr Zulkifli, MAg didampingi pejabat jajaran berpoto bersama usai MoU.

  • Bagikan