Waspada
Waspada » 246 Mahasiswa FISIP UMSU Seminarkan Hasil PKL/PPL
Medan

246 Mahasiswa FISIP UMSU Seminarkan Hasil PKL/PPL

246 mahasiswa FISIP UMSU gelar seminar hasil PKL/PPL secara virtual. Waspada/ist
246 mahasiswa FISIP UMSU gelar seminar hasil PKL/PPL secara virtual. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): Sebanyak 246 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMSU Angkatan 2017 yang tersebar di tiga program studi (Prodi) menggelar Seminar Laporan Hasil Praktik Kerja Lapangan dan Praktik Pengenalan Lapangan (PKL/PPL) berupa karya video dan foto dengan 48 tema serta laporan tertulis dari 21 lembaga/instansi pemerintah dan swasta.

PKL/PPL tersebut dilakukan secara mandiri dan berkelompok dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19.

“Hari ini kita melakukan seremonial pembukaan dan pangarahan langsung dari Dekan FISIP secara daring atau online yang dihadiri semua mahasiswa, dekanat, pengelola prodi, dan dosen pembimbing PKL/PPL,” jelas Wakil Dekan 3 Abrar Adhani, M.Ikom yang memandu acara secara virtual, Sabtu (6/2).

Lebih lanjut Abrar menyampaikan, pelaksanaan seminar laporan hasilnya akan dilakukan Senin-Kamis (8-11 Februari 2021) sesuai dengan kebijakan masing-masing prodi.

Tahun ini peserta PKL/PPL sebanyak 246 mahasiswa dengan perincian 19 orang Prodi Kesejahteraan Sosial (Kessos), 81 orang Prodi Ilmu Administrasi Publik (IAP), dan 146 orang Prodi Ilmu Komunikasi (IKO).

Dr Arifin Saleh, MSP, Dekan FISIP dalam sambutannya mengatakan kegiatan PKL/PPL dan seminar hasilnya ini salah satu wujud pengabdian masyarakat dan implementasi dari Kurikulum KKNI yang sudah berlaku sejak tahun 2016.

“Kegiatan dan kerja sama dengan berbagai lembaga/instansi lokasi PKL tersebut selanjutnya akan kami manfaatkan dalam bagian rintisan untuk Kurikulum Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar yang sekarang sedang kami siapkan,” jelasnya.

Perencanaan Kegiatan

Sebelumnya, Ketua Prodi Kessos, Mujahiddin MSP dalam laporannya menyampaikan mahasiswanya yang melakukan PKL menerapkan praktik-praktik penanganan masalah klien dan juga perencanaan kegiatan sesuai dengan mata kuliah yang diajarkan.

Selain melibatkan dosen pembimbing, pihaknya juga bekerja sama dengan supervisor yang ada di lembaga.

Beberapa lembaga tempat PKL mahasiswa Kessos adalah PMI Kota Medan, Panti Asuhan Muhammadiyah Kota Medan, Walhi Sumut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumut, Dinas Sosial Sumut, dan Panti Rehabilitasi Narkoba Insyaf.

Ketua Prodi IAP, Nalil Khairiah, MPd menyebutkan lokasi PPL mahasiswanya tersebar di 15 instansi pemerintah yang ada di 6 kabupaten/kota di Sumut. Beberapa lembaga yang dimaksud antara lain Diskominfo Medan, Disdukcapil, Bappeda, BPSK Medan, Bappeda Deliserdang, Dinas Kelautan dan Perikanan Madina, Disdjukcaapil Langkat, Dinas Pariwisata Samosir.

“Menariknya, hasil PPL mahasiswa tahun ini sudah kami susun menjadi karya ilmiah dalam bentuk prosiding dan akan segera dicetak dan diterbitkan,” katanya.

Ketua Prodi IKO, Nurhasanah M.Ikom, menyampaikan mahasiswa IKO melakukan PKL dengan pemilihan 48 thema/topik dengan format membuat karya dalam bentuk foto dan atau video.

“Kami sudah sepakat dengan mahasisqa beberapa karya mahasiswa tersebut nantinya akan kami urus dan daftarkan hak ciptanya,” jelasnya. (m19)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2