Waspada
Waspada » 157 Pemilik Usaha Urus Izin Halal Ke Kemenag Sumut
Medan

157 Pemilik Usaha Urus Izin Halal Ke Kemenag Sumut

KETUA Pelaksana Koordinator Satuan Tugas Layanan Sertifikasi Halal Daerah Propinsi Sumatera Utara, H Abd Rahman saat menerima pengusaha yang konsultasi perihal izin halal. Waspada/Anum Saskia
KETUA Pelaksana Koordinator Satuan Tugas Layanan Sertifikasi Halal Daerah Propinsi Sumatera Utara, H Abd Rahman saat menerima pengusaha yang konsultasi perihal izin halal. Waspada/Anum Saskia

MEDAN (Waspada) Sebanyak 157 pemilik usaha mengurus sertifikat izin halal produk usaha mereka di bagian Satuan Tugas Layanan Sertifikasi Halal Daerah  (STHD), Kementrian Agama Propinsi Sumatera Utara.

Sejak dibuka pada 27 Oktober 2019 lalu, hingga Senin (13/1) sudah ada 157 pemilik usaha yang datang untuk konsultasi, dan sebagiannya sudah ada yang mengisi formulir, dan  sisanya masih ada yang hanya bertanya-tanya terkait proses pengurusan izin.

Koordinator STHD Sumut, Dr  H Syafii MA bersama Ketua Pelaksana H Abd Rahman S Ag, mengakui banyaknya pengusaha yang ingin mendaftarkan izin halal produk usahanya.

Amatan Waspada, peminat yang konsultasi bukan saja asal Medan, tapi juga dari Tanah Karo. Mereka terlihat mengisi formulir dan mengaku akan melengkapi berkas untuk bisa memiliki sertifikat halal.

Sebelumnya, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama memastikan seluruh produk, termasuk hasil produksi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) wajib bersertifikat halal mulai 17 Oktober 2019.

Kepala BPJPH Kementerian Agama Sukoso mengaku pihaknya terus mempersiapkan diri untuk menjalankan amanah Undang-undang Nomor 34 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

“Selama ini sifatnya masih suka rela, suka-suka dia aja. Tapi Undang-undang jaminan produk halal, maka per 17 Oktober 2019, seluruh produk harus bersertifikat halal yang memenuhi ketentuan sertifikasi halal,” ujar Sukoso. (m37)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2