Waspada
Waspada » 143 Warga Binaan Lapas Tanjunggusta Dibebaskan
Medan

143 Warga Binaan Lapas Tanjunggusta Dibebaskan

SEJUMLAH warga binaan tampak dikawal petugas usai dibebaskan dari Lapas Klas I Medan, Kamis (3/4). Waspada/Rama Andriawan
SEJUMLAH warga binaan tampak dikawal petugas usai dibebaskan dari Lapas Klas I Medan, Kamis (3/4). Waspada/Rama Andriawan

MEDAN (Waspada): Sebanyak 143 warga binaan pemasyarakatan di Lapas Klas I Medan/ Lapas Tanjunggsuta dibebaskan.

bertahap. Pembebasan dilakukan berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS)  No. PAS-497.PK.01.04.04 Tahun 2020 tentang pembebasan narapidana melalui asimilasi dan integrasi guna mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

Untuk tahap awal, Lapas Klas I Medan membebaskan sebanyak 48 warga binaan yang termasuk dalam Program Asimilasi dan Pembebasan Bersyarat (PB).

“Hari ini kita membebaskan 43 tahanan yang mendapatkan asimilasi dan 5 orang bebas bersyarat. Jadi totalnya ada 48 orang,” kata Kepala Lapas Klas I Medan Frans Elias Nico, Kamis (2/4).

Menurutnya, pembebasan keseluruhan ratusan warga binaan akan dilakukan selama sepekan ini. Proses asimilasi para warga binaan dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona, sebab semakin menumpuknya warga binaan di dalam kamar hunian dikhawatirkan berdampak pada penularan virus. Namun sampai saat ini belum ada ditemukan warga binaan terkait kasus virus corona.

“Satu kamar terlalu bersempitan sehingga dikhawatirkan berdampak penularan. Kita ikut program pemerintah untuk mengurangi dampak penularan, salah satunya dilakukan pembebasan bersayarat dan asimliasi,” ujarnya.

Dikatakannya, pembebasan diberikan kepada warga binaan pidana umum yang telah menjalani dua per tiga masa hukuman. “Ya, dengan syarat bahwasanya dua per tiga masa tahanan per 31 Desember 2019. Ini semua pidana umum,” ujarnya.

Dijelaskannya, setelah warga binaan dibebaskan, pihak Lapas akan menyerahkannya kepada Badan Pemasyarakatan (Bapas) atau pihak Kejaksaan dalam pengawasan. (cra).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2