14.000 Mahasiswa UT Medan Akan Ikuti UAS THE Lewat Aplikasi

14.000 Mahasiswa UT Medan Akan Ikuti UAS THE Lewat Aplikasi

  • Bagikan

MEDAN (Waspada): Sebanyak 14.000 mahasiswa Universitas Terbuka (UT), Medan akan mengikuti Ujian Akhir Smester (UAS)-Take Home Exam (THE) melalui aplikasi yang dikembangkan UT.

Direktur UT Medan, Dra Yusrafiddin, M.Pd mengatakan hal itu, Selasa (22/6) saat kegiatan sosialisasi berlangsung.

Menurutnya, 37 tahun Universitas Terbuka (UT) berdiri sebagai Perguruan Tinggi Negeri merupakan pelopor Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) di Indonesia.

Dalam memelihara dan meningkatkan kewibawaan akademik, UT terus berupaya meningkatkan kualitas layanan kepada mahasiswa mulai dari layanan bahan ajar (Modul), layanan bantuan belajar (Tutorial Tatap Muka dan Tutorial Online) hingga layanan evaluasi hasil belajar mahasiswa.

Menurutnya, selama masa pandemi covid-19, UT tetap menjaga kualitas akademik mahasiswa melalui pengembangan aplikasi-aplikasi pendukung belajar berbasis online.

Seperti aplikasi menditeksi posisi bahan ajar cetak yang dikirim ke alamat mahasiswa, aplikasi bahan ajar digital, ruang baca virtual, aplikasi tugas matakuliah bagi mahasiswa yang tidak dapat mengikuti tutorial online maupun tutorial webinar, aplikasi praktik praktikum, aplikasi layanan kepada mahasiswa, serta aplikasi UAS Take Home Exam (THE).

Dengan adanya aplikasi-aplikasi ini menurut Yusrafiddin, di manapun mahasiswa berada baik di rumah, di tempat kerja, di mall, dll akan nyaman belajar, mengerjakan tugas matakuliah, melaksanakan praktik dan praktikum, dan mengikuti UAS.

Sehingga, diharapkan dapat memutus rantai penyebaran covid-19 dan tentu langsung dirasakan HEMAT-nya biaya ongkos dan biaya kost selama kuliah.

Sosialisasi

Untuk mempersiapkan 14.000 mahasiswa mengikuti UAS Take Home Exam (THE) pada tanggal 3 sampai tgl 14 Juli 2021, UT Medan telah mensosialisasikan teknis pelaksanaan UAS THE kepada mahasiswa.

Yakni melalui surat edaran Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan kemahasiswaan UT, group whatsapp mahasiswa UPBJJ UT Medan, melalui media sosial UPBJJ-UT Medan, yaitu facebook UPBJJ Medan, Instagram UT Medan, Youtube UT Medan, serta menyelenggarakan klinik UAS secara virtual.

“Pada UAS THE mahasiswa diwajibkan mengunduh soal ujian berbentuk uraian dan mengunggah Buku jawaban Ujian (BJU) yang sudah dikerjakan dalam selang waktu yang ditentukan UT,” kata Yusrafiddin.

Dijelaskanya, soal ujian dalam bentuk soal uraian dengan jenjang kognitif minimal C3 untuk memicu high order thinking mahasiswa, dan mahasiswa yang tidak mengunduh soal, maka tidak akan dapat mengunggah jawaban untuk menghindari kecurangan dalam mengerjakan soal ujian.(m22)

 

  • Bagikan