Webinar ‘Rindu Malaysia’ Bersama Negeri Johor - Waspada

Webinar ‘Rindu Malaysia’ Bersama Negeri Johor

  • Bagikan

JAKARTA (Waspada): Pertemuan Presiden RI Joko Widodo dengan Perdana Menteri Malaysia, Tan Sri Dato’ Haji Muhyiddin bin Haji Muhammad Yassin di Istana Merdeka, Jakarta pada 5 Februari 2021 tampaknya membawa angin segar bagi industri pariwisata yang tertatih-tatih bangkit dari kevakuman akibat dampak Covid-19.

Dalam pertemuan tersebut, Kedua kepala negara bersepakat untuk membentuk Reciprocal Green Lane atau Travel Corridor Arrangement (RGL/TCA), yang merupakan kesepakatan terkait kemudahan perjalanan bagi warga kedua negara.
Menyongsong RGL/TCA Indonesia & Malaysia, Tourism Malaysia Medan bersama pelaku industri pariwisata Negeri Johor, yang terdiri dari Hotel, Theme Park dan Water Park, pusat kerajinan tangan, serta MHTC mengadakan Webinar dengan mengusung tema ’Rindu Malaysia’ pada 22 Februari 2020, memanfaatkan platform Zoom.

Konsul pelancongan Malaysia Medan, Hishamuddin Mustafa, yang menjadi moderator pada program tersebut mengatakan bahwa meskipun kebijakan RGL/TCA masih akan terbatas pada WNI dan WNA yang ingin melakukan perjalanan bisnis mendesak, perjalanan diplomatik, dan kedinasan pada masa pandemi Covid-19 namun tidak ada salahnya kita sering melakukan webinar, membagi informasi perkembangan terkini seputar produk pelancongan yang ada di negeri jiran.

Hal ini dilakukan agar Malaysia tetap ada di hati dan pikiran penduduk Sumatera, hingga perbatasan benar-benar dibuka untuk turis asing tanpa sekatan lagi.
Webinar Rindu Malaysia Series 1 – 2021 bersama Negeri Johor berhadiah dengan total 28.7 juta rupiah terdiri dari pulsa Rp100,000, voucher menginap di Austin Hotel dan Holiday Inn, hingga paket tur mengunjungi Kampus Edu-pelancongan UTM, Kompleks Kraf Johor Bahru, Desaru Coast, dan Sunway City Iskandar Puteri.

“Kita semua berharap, agar pandemi ini bisa segera teratasi, industri pelancongan beransur pulih, dan aktiviti melancong ke luar negara bisa dilakukan lagi dengan aman dan nyaman”, ujar Hishamuddin menutup webinar petang itu.

Tentang Negeri Johor
Johor memilik nama resmi Johor Darul Takzim dan telah memperoleh julukan The Jewel of Malaysia atas keindahannya. Johor memiliki ibu kota Johor Bahru dan dipimpin oleh seorang sultan, namun pemerintahannya dipimpin oleh seorang Menteri Besar atau setingkat Gubernur. Johor Bahru sendiri telah mengalami pembangunan yang sangat pesat dalam 10 (sepuluh) tahun terakhir dan kini menjadi kota kedua terbesar setelah Kuala Lumpur.

Gedung megah, jalan bebas hambatan, jalan yang bersih, lalu lintas yang tertib dan fasilitas umum yang baik dapat terlihat dengan jelas begitu memasuki kawasan Johor.
Seiring dengan perkembangannya, Johor telah menjadi tujuan wisata dengan jumlah peminat yang semakin banyak. Harga yang relatif terjangkau dan semakin banyaknya tempat wisata yang menarik menjadikan Johor tujuan tempat wisata oleh wisatawan domestik maupun asing.

Beberapa destinasi wisata favorit adalah taman hiburan Legoland Malaysia, Johor Premium Outlets (Outlet brand premium pertama di Asia), dan pantai Desaru. Di samping itu, kuliner Johor yang menawarkan aneka hidangan lezat seperti aneka Roti Canai, Nasi Lemak, Laksa, Asam Pedas dan sebagainya juga telah menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Jenis wisata lainnya yang juga mengalami peningkatan adalah wisata medis.

Sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia, akses ke Johor Bahru dilayani oleh Maskapai Malaysia Airlines dari Medan via Kuala Lumpur sebanyak 14 kali seminggu, dan feri dari Tanjung Pinang dan Batam langsung menuju Pelabuhan Stulang Laut, ke Johor Bahru, sebanyak 35 kali seminggu.
Berikut ini ulasan singkat webinar “Rindu Malaysia” bersama Negeri Johor pada 22 Feberuari yang lalu :

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC)
Malaysia Healthcare merupakan organisasi yang dibentuk oleh Kementerian Kesehatan Malaysia yang bertugas untuk memfasilitasi & mempromosikan industry wisata kesehatan Malaysia. Salah satu tugas MHTC adalah sebagai pusat informasi untuk pasien Indonesia yang memerlukan informasi Rumah Sakit di Malaysia.
Dalam presentasinya, ia menyampaikan mengenai SOP terbaru untuk pasien dari Indonesia berobat ke Malaysia.

Ia menyarankan, untuk mendapatkan info terbaru seputar wisata medis selama pandemi, bisa menghubungi perwakilan MHTC di Jakarta, Indonesia melalui nomor what’s app 081289710029 dan 081908989386, dan untuk ifo lebih lanjut mengenai profil MHTC dapat melihatnya di www.mhtc.org.my.

Austin Heights Water Park & Resorts
Merupakan taman 3 in 1 yang memiiki adventure park, waterpark, sports, dan leisure park, yang menjadi salah satu tujuan wisata yang harus dikunjungi di Johor Bahru. Lokasinya yang strategis berada di jantung kota Johor Bahru dan akses yang mudah ke pusat-pusat wisata lainnya, seperti Legoland, Johor Premium Outlet, IEON Mall, IKEA, dan berbagai pusat kuliner.

Presentasi disampaikan oleh Chong Khai Siang, Business Development Director Austin Heights. “Sempurna untuk liburan keluarga dan pertemuan teman, ini adalah tempat yang mengundang di mana Anda dapat menghabiskan waktu bersama yang berkualitas dengan orang yang Anda cintai”, ujarnya. Info produk dapat menghubungi nomor +60138060280 dan email darlene.ng @ austinheights. com. my.

Sunway City Iskandar Puteri
Sunway City Iskandar Puteri merupakan salah satu projek perbandaran terbesar Sunway yang mempunyai nilai pembangunan kasar melebihi 30 miliar ringgit dan melibatkan pembangunan kawasan seluas 1,800 hektar tanah di Iskandar Puteri, Johor.

Pembangunan di Sunway City Iskandar Puteri diluncurkan secara bertahap dan dibagi menjadi enam area yaitu The Lakeview, The Marketplace, The Parkview, The Riverside, The Capital, The Seafront. Rencana pembangunan ini akan memberikan sentuhan gaya hidup kota yang mewah dengan rumah dan pemandangan yang lebih luas serta menawarkan pengalaman unik bagi masyarakat di Johor.

Sunway City telah memenangkan Penghargaan Kota Komprehensif Terbaik selama tiga tahun berturut-turut dan Pengembang Selatan Terbaik tahun lalu di Penghargaan StarProperty. Selain penghargaan tersebut, Sunway City Iskandar Puteri adalah pengembang pertama yang terdaftar di Malaysia Book of Records karena memperkenalkan kustomisasi online untuk proyek terkenalnya – Sunway GRID.

Baru-baru ini, mereka juga mendapatkan “Produk dan Teknologi Ramah Lingkungan Terbaik” dan “Penghargaan Khusus untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan” untuk integrasi panel surya dalam kota Sunway City Iskandar Puteri dan inisiatif berkelanjutan lainnya di Kepemimpinan Dewan Bangunan Hijau Malaysia dalam Penghargaan Keberlanjutan 2020.

Selain banyak pengembangan hunian, Sunway City Iskandar Puteri juga fokus pada amenitas dan fasilitas lain di dalam kota seperti Sunway Big Box (taman hibrida ritel pertama), XPARK Sunway City Iskandar Puteri (olahraga petualangan terbesar), Sunway Emerald Boulevard 88, Sunway Citrine Hub dengan Jaya Grocer pertama di Johor, pom bensin Caltex (kios bensin pertama di Medini) dan akan segera membuka Sunway Big Box Hotel, Sunway GRID Hub dan sekolah pemerintah Cina – SJK (C) Cheah Fah. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Sunway City Iskandar Mudah bisa mengunjungi halaman www.sunwaycityiskandarputeri.com atau hubungi Sunway City Iskandar Puteri di nomor +607 5096575.

Desaru Coast
Desaru Coast adalah resor premium terintegrasi yang memadukan jaringan hotel dan resor bertaraf internasional dengan pusat konferensi, lapangan golf, taman air bertema, dan desa ritel. Desaru Coast terletak di tenggara Malaysia, tepatnya di negara bagian Johor, yang berdiri di atas lahan seluas 3.900 hektar dan menyajikan pemandangan pesisir dengan pAntai alami sepanjang 17 kilometer.

Selain mengembangkan sentra hiburan yang pas bagi seluruh usia pengunjung, Desaru Coast sangatlah mudah untuk dicapai, baik menggunakan transportasi darat, udara, dan laut. Melalui jalur darat, wisatawan dapat memanfaatkan akses dari Johor Baru melalui Senai-Desaru Express (selama 1 jam dan 15 menit), dari Singapura melalui Causeway (selama 1 jam dan 30 menit), dan dari Kuala Lumpur melalui North-South Expressway (selama empat jam).

Jika menggunakan layanan transportasi udara, Desaru Coast dapat diakses melalui Bandara Internasional Kuala Lumpur, Bandara Internasional Changi, dan Bandara Internasional Senai. Sedangkan untuk transportasi laut, pengunjung bisa mengaksesnya melalui Terminal Feri Changi, Singapura menggunakan feri selama 30 menit ke Terminal Feri Tanjung Belungkor, yang akan dilanjutkan dengan berkendara selamat 40 menit ke Desaru Coast.

Salah satu atraksi utama Desaru Coast adalah Desaru Coast Adventure Waterpark yang diakui sebagai salah satu waterpark terbesar di dunia, yang dibangun dengan tema desa nelayan di Malaysia. Pengunjung dapat menikmati kolam dengan ombak terbesar di Asia Tenggara dan merasakan langsung water coaster pertama di Asia. Selain itu, taman bermain air ini juga memiliki 20 wahana seluncur yang berlainan dan dapat dinikmati segala usia pengunjung.

Info lebih lanjut mengenai Desaru Coast dapat mengirimkan email ke [email protected]

Holiday Inn Johor Bahru City Centre
Hotel ramah keluarga di Johor Bahru yang nyaman dilengkapi fasilitas seperti Sky Pool, Fitness Centre, restoran dan bar, dan ruang pertemuan, cocok untuk setiap wisatawan. Terletak di jantung kota Johor Bahru, Holiday Inn Johor Bahru City Centre memiliki 335 kamar modern dan berperabotan lengkap, termasuk internet berkecepatan tinggi gratis.

untuk memastikan Anda tetap terhubung selama perjalanan. Nikmati berbagai citarasa lokal dan internasional di Dine @ EIGHT atau bersantai dan menyesap koktail yang menyegarkan di The Lobby Lounge. Anak-anak di bawah 12 tahun dapat menginap dan makan gratis.

Universiti Teknologi Malaysia (UTM) Johor Bahru
UTM merupakan kampus edu-tourism atau edu pelancongan di Johor Bahru. Maksud didirikannya Kampus Edupelancongan di UTM adalah untuk mendalami dan menggiatkan bidang edupelancongan di kampus agar pihak luar UTM baik mahasiswa maupun masyarakat umum dapat mengunjungi kampus UTM Johor Bahru lebih dekat dan menumbuhkan minat untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.
Melalui agenda Kampus Edupelancongan, seluruh lokasi yang memiliki daya tarik dalam kampus di UTM dipusatkan dan dikelola dengan lebih fokus dan terarah serta terbagi menjadi 2 bidang yaitu lingkungan (ekowisata) dan pengetahuan (edupelancongan).

Di antara lokasi yang dikelola Kampus Edupelancongan UTM adalah Hutan Rekreasi, Balai Cerapan, Taman Tropika (meliputi Rumah dan Laman Menanti), UTM Trails, Tasik Ilmu I,II & Desa Bakti dan Litar Kereta Kawalan Jauh. Selain itu, UTM juga bekerja sama dan bersinergi dengan beberapa Pusat Tanggung Jawab UTM untuk mempromosikan Paket Wisata & Rekreasi, antara lain Unit Pengurusan Harta Tanah & Kluster Pertanian (Dusun UTM), Institut Pembangunan Bioproduk (IBD), Pusat Kajian Alam Bina Dunia Melayu (KALAM) dan masih banyak lagi.

Kompleks Kraf Johor Bahru
Kompleks kraf pertama sebagai daya tarik wisatawan dan pusat pendidikan industri kraf negara. Kompleks Kraf Johor atau dikenali dengan panggilan KKJ merupakan destinasi persinggahan wisatawan yang berkonsepkan seni ikonik dan budaya lokal Negeri Johor.

Bercirikan Perkampungan melayu, lima buah wakaf beroperasi setiap hari dan pengunjung berpeluang melihat dan mempelajari seni pembuatan produ kraf. Di sini disediakan proses pembuatan alat musik tradisional, patung wayang kulit, cenderamat, jahitan dan sulaman serta produk tembaga.

Berkonsepkan pendidikan, perkampungan kraf memberi pengalaman sentuhan sebagia pengalaman yang sangat bernilai bagi merasai sendiri cara penghasilan produk kraf.(m28)

  • Bagikan