Waspada
Waspada » 100.000 UMKM Terima Modal Pinjaman Usaha Oleh Tunaiku
Medan

100.000 UMKM Terima Modal Pinjaman Usaha Oleh Tunaiku

JAKARTA(Waspada): Setelah sukses IPO di bulan Januari lalu, Amar Bank melalui produk pionir fintech Tunaiku kembali menunjukkan komitmennya untuk mewujudkan inklusi keuangan melalui pendanaan kredit mikro untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Tunaiku yang terus mendorong pinjaman produktif selama lima tahun kini telah menyalurkan pendanaan modal usaha kepada lebih dari 100.000 UMKM.

Kepala Kredit Retail Tunaiku Abraham Lumban Batu, mengungkapkan, selain komitmen kami untuk mewujudkan inklusi keuangan melalui pendanaan kredit mikro, visi yang kami usung adalah teknologi harus memberikan dampak positif dalam meningkatkan taraf hidup seseorang.

Oleh karenanya, Tunaiku memberikan kemudahan akses pinjaman modal usaha dalam perannya mendorong pertumbuhan UMKM utamanya usaha mikro untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Kami bersyukur sekaligus bangga, hingga saat ini manfaat dari Tunaiku telah dirasakan oleh lebih dari 100.000 UMKM utamanya pengusaha mikro,katanya Senin(16/3).

Kata dia, dukungan Amar Bank terhadap pertumbuhan usaha UMKM sejalan dengan fokus pembangunan pemerintah Indonesia. Dari data Kementerian Koperasi dan UMKM per 2018, sebanyak 98.7% usaha di Indonesia merupakan UMKM dan sektor ini menyumbang Rp. 8.400 triliun atau setara dengan 60% dari total PDB Indonesia.

Atas angka tersebut, UMKM dinilai mampu menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.
Sulitnya akses pinjaman untuk modal usaha dan bunga yang tinggi merupakan tantangan terbesar yang sering dihadapi oleh pengusaha mikro karena sebagian besar dari mereka tidak memiliki agunan.

Untuk menjawab tantangan dan kesulitan yang dialami oleh pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, Tunaiku hadir melalui layanan kredit tanpa agunan dengan proses yang cepat dan periode angsuran yang relatif lama sampai 20 bulan, sehingga pembayaran setiap bulannya tergolong ringan untuk perputaran arus kas pengusaha mikro.

UMKM memberikan kontribusi yang cukup besar dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, Amar Bank melalui produknya, Tunaiku akan terus menyempurnakan pelayanannya untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat utamanya dalam menjawab kesulitan-kesulitan finansial sehingga harapannya bersama Tunaiku kehidupan mereka akan jauh lebih baik kedepannya.
“Khusus untuk pelaku UMKM, sejalan dengan BI dan OJK yang terus mendorong pembiayaan UMKM, kami berkomitmen untuk memberikan akses dan kemudahan kepada mereka dan mengukir lebih banyak senyum pelaku UMKM untuk kemajuan perekonomian Indonesia,” pungkas Abraham.
Salah seorang pengusaha warung pempek, Yulaika, bersedia membagikan pengalamannya bersama Tunaiku. Yulaika bertempat tinggal di sebuah rumah petak bersama suami & dua anak perempuannya di kawasan Depok di sebuah kawasan padat penduduk dengan akses jalan yang cukup sempit.

Yulaika memiliki usaha pempek yang dimulai sejak 4 tahun lalu, di tahun 2017 Yulaika mengenal Tunaiku dan sudah 3 kali mendapatkan pendanaan dari Tunaiku untuk modal usahanya dengan total 25 juta rupiah.(m37/A)

Waspada/ist
Yulaika dan warung pempek hasil pengembangan usaha dari kredit mikro untuk UMKM di Tunaiku yang kini memberikan keuntungan hingga 10 juta rupiah perbulan.

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2