10 Poin Aturan PPKM Level 3 Di Sumut

  • Bagikan
PPKM LEvel 3. Ilustrasi
PPKM LEvel 3. Ilustrasi

MEDAN (Waspada): Pemberitahuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) telah beredar di media sosial atau grup whatsapp.

Pemberitahuan PPKM yang sumbernya dari Kemendagri tersebut dikabarkan mulai tanggal 20 Desember 2021. Namun sampai tanggal berapa pemberlakuan PPKM tersebut tidak diberitahukan.

Berikut bunyi isi pemberitahuan dari Provinsi Sumut soal PPKM level 3 saat libur Natal dan Tahun Baru mulai 20 Desember 2021, yang berisikan 10 poin aturan.

Yaitu pertama, dilarang melakukan pesta kembang api, pawai, arak-arakan yang mengumpulkan kerumunan besar.

Kedua, dilarang pulang kampung dengan tujuan yang tidak primer. Ketiga, dilarang bepergian selama Natal dan Tahun Baru. Keempat menutup fasilitas umum seperti alun-alun dan lapangan terbuka.

Kelima, pemerintah memperketat aturan perjalanan naik transportasi umum, minimal vaksin Covid-19 dosis pertama. Keenam, dilarang mengambil cuti dan memanfaatkan libur nasional saat Nataru selama PPKM level 3 bagi ASN, TNI/Polri, dan karyawan swasta.

Ketujuh, selama PPKM level 3, kegiatan di tempat ibadah maksimal kapasitas 50%. Kedelapan, pembatasan jumlah pengunjung di bioskop hingga 50%.

Kesembilan, pembatasan jumlah pengunjung di tempat makan minum, cafe dan restoran dengan kapasitas maksimal 50%. Terakhir, jumlah pengunjung di pusat perbelanjaan maksimal 50% sampai pukul 21.00 WIB, dengan penerapan prokes yang ketat.

“Sumber Kemendagri,” bunyi pemberitahuan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut drg Ismail Lubis MM mengaku belum tau pasti tanggal penerapan PPKM level 3 di Sumut.

Namun rencana pemerintah pusat, PPKM level 3 di seluruh daerah Indonesia diberlakukan dari tanggal 23 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

“Kami belum ada menerima surat turunan edaran yang resmi dari gubernur atau pemerintah pusat tanggal berapa diberlakukan PPKM level 3 di Provinsi Sumut,” ujarnya via seluler. (cbud)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *